Sejarah Pendek Velg Enkei dan Seri-Serinya

Sejarah Pendek Velg Enkei – Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas velg Enkei. Sebagai salah satu manufaktur velg terbesar di dunia, aneh rasanya kalau tidak kenal dengan nama Enkei. Di kalangan aliran modifikasi JDM, nama Enkei musti sudah tidak asing lagi. Enkei termasuk jajaran industri velg yang bersaing ketat dengan manufaktur lain seperti BBS, Rays, Work, OZ, Ronal, atau Konig.

Sejarah Velg Enkei

Enkei singkatan dari Enshu Keigokin, yang berarti “logam campuran ringan dari provinsi Enshu”. Arti nama ini menunjukkan karakter velg-velg produksi mereka yang menjadikan keringanan berat velg sebagai salah satu tolok ukur kualitas.

enkei92 gold
Sumber : Enkei.com

Enkei didirikan di Jepang pada tahun 1950, tepat di wilayah bernama Hamamatsu. Enkei memulai produksinya sebagai penyedia suku cadang untuk sepeda motor. Awalnya, perusahaan ini hanya melayani manufaktur otomotif seperti Honda, Mitsubishi, Nissan, Mazda, Yamaha, dan Subaru.

Sampai saat ini Enkei menyediakan velg untuk manufaktur-manufaktur mobil ternama di Jepang dan General Motors di pasaran OEM. Cabang-cabang perusahaan Enkei terdapat di Amerika, Thailand, Malaysia, Cina, Filipina, India, Vietnam, dan termasuk Indonesia.

Kiprah Enkei di Dunia Balap

Lambat laun, velg Enkei masuk ke arena balapan. Selama tiga puluh tahun terakhir, Enkei telah berpartisipasi di berbagai kompetisi balap terbaik di dunia. Ia menyediakan velg untuk tim Minardi di Formula 1 (F1) di tahun 1986. Di tahun 1995, Enkei menjadi sponsor resmi tim F1 Vodafone McLaren Mercedes, atau lebih dikenal dengan nama McLaren.

Selain di F1, perusahaan ini juga menyediakan velg berteknologi tinggi untuk berbagai motorsport, termasuk rallydriftsportcar racing, dan single-seater racing. Sebut saja beberapa kejuaraan seperti WRC, Japan GT Championship, Super Taikyu, dan Formula Drift.

Seri Velg Enkei

Enkei mengeluarkan 5 seri velg, yaitu seri RacingTuningPerformanceClassic, serta Truck/SUV. Berikut ini ini nama-nama velg Enkei untuk masing-masing seri:

  1. Racing. Seri ini merupakan seri tertinggi dari seluruh produk Enkei yang termasuk dalam seri racing, yaitu PF07, PF01EVO, PF01, PF01SS, RS05RR, RSM9, RPF1, NT03+M, RC-G4, RP03, GTC01,
  2. Tuning. Seri ini menggunakan metode sama dengan seri racing, namun dengan biaya produksi lebih rendah. Yang termasuk ke dalam seri tuning adalah TS9, TX5, T6S, TENJIN, KOJIN, RAIJIN, FUJIN.
  3. Performance. Seri ini dikeluarkan Enkei untuk menjangkau pemakaian pada range mobil yang lebih luas. Karena ditujukan untuk pasar lebih bervariasi, Enkei menekankan kombinasi antar performa dan style untuk velg ini. Enkei mengklaimnya sebagai velg berkualitas tinggi dengan harga lebih terjangkau. Yang termasuk ke dalam seri ini adalah YS5, PSR5, VR5, GT7, BR7, M52, GP5, RSF5, EDR9, SR6, T-FORK, KLAMP, EV5, FD-05, J10, STR5, GW8, WDM, LUSSO, RAZR.
  4. Classic. Seri satu ini khusus mereproduksi velg-velg legendaris Enkei. Ada empat yang termasuk dalam seri Classic, yaitu Enkei J-Speed, Enkei 92, Apache II dan COMPE.
  5. Truck/SUV. Untuk seri yang satu ini, Enkei menerapkan tiga prinsip: style, tangguh, dan keras. Yang termasuk dalam seri Truk/SUV, ST6, SVX.

HSR - Iqbal Abdul Ghofur

HSR Wheel - City Of Rims, Velg dan Ban Mobil Berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *