Storing Audio Mobil, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Storing audio mobil merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan terdengarnya suara “ngiung” dari speaker tape, khususnya saat mesin sedang berada dalam putaran tinggi.

Tentu saja, banyak faktor yang menyebabkan audio mengalami storing. Hasilnya, ketika kamu mendengarkan musik saat berkendara, kualitas suara yang dihasilkan tidak jernih dan mengalami noise yang dapat mengganggu kenyaman telinga.

Apa Penyebab Storing pada Audio Mobil?

Sporing terjadi bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bercampurnya suara lain pada sistem audio mobil. Simak di bawah ini untuk mengetahui penyebab terjadinya storing pada audio.

Penyebab Storing Pada Audio Mobil 2
Kabel bermasalah

Storing dapat terjadi karena kabel mengalami masalah, kabel yang mengalami masalah biasanya dapat berbeda-beda, yaitu:

  • Kabel audio (RCA), biasanya storing terjadi akibat adanya masalah pada kabelnya audionya sendiri, maka dari itu penting untuk kamu mengecek bagian ini terlebih dahulu.
  • Kabel pengapian mobil, rusaknya kabel ini dapat menyebabkan storing audio mobil. Kamu dapat melakukan pengecekan pada bagian kabel pengapiannya
  • Kabel sistem kelistrikan, untuk mengecek storing kamu bisa mengecek juga sistem kelistrikan
  • Kabel busi, kamu bisa mengecek kabel busi apakah mengalami kebocoran atau tidak. Sebab, menggunakan kabel busi yang berkualitas dapat mengantisipasi kebocoran kabel besi.

Selain itu, biasanya dapat terjadi akibat interferensi. Interferensi dapat terjadi jika kabel speaker dengan kabel listrik di kendaraan berdekatan, sehingga menyebabkan listrik masuk dalam suara speaker. Kamu dapat menjauhkan dan menyusun kabel-kabel RCA dari kabel listrik.

Aki mobil soak

Suara yang dihasilkan audio bersumber dari listrik dan disuplai oleh aki. Sebab itu, jika aki mobil soak maka akan sangat berpengaruh dengan performa audionya. Aki yang dirawat dengan baik biasanya dapat bertahan tiga hingga empat tahun. Sebaiknya, kamu mengecek kondisi aki untuk memastikannya.

Ground bermasalah

Ground bermasalah dapat menyebabkan storing terjadi pada audio, sehingga kamu harus memastikan ground dari aki ke body mobil cukup dan kondisinya masih baik. Selain  itu, kamu harus memastikan jika sistem grounding terpasang dengan tepat.

Sistem grounding sangat berpengaruh dengan sistem kelistrikan, sebab itu kabel ground yang baik dapat menimbulkan aliran listrik yang stabil. Jika sudah stabil, tentu saja akan mempengaruhi sistem audio dan performanya.

Selamat Anda Beruntung Mendapatkan Promo Terbaru dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?