Toyota Sambut 81 Tahun

Toyoda – Bulan Agustus nampaknya menjadi bulan dimana hal-hal besar lahir , setelah pada tanggal 17 Agustus kemarin diperingati sebagai hari lahir Indonesia, maka pada tanggal 24 Agustus diperingati sebagai hari lahir produsen Toyota, berawal dari sebuah perusahaan mesin tenun, Toyota memisahkan diri dari perusahaan yang saat itu bernama Toyoda. Dibawah nama Toyota, Kichiro Toyoda meneruskan usaha Ayahnya Sakichi dengan mengembangkan mesin untuk keperluan yang lebih luas lagi.

Kichiro Toyoda
sumber: Celeb Family

Per tanggal 24 Agustus 1937, Kichiro Toyoda pun mendirikan perusahaan dengan menjual mesin untuk kendaraan mobil. Toyota sebagai produsen mobil pun juga merambah truk yang mana pada tahun 1940 Toyota berhasil menjual unitnya sebanyak 100.000.

Toyota sebagai pelopor sector otomotif di Jepang pun membuat sebuah konsep bisnis yang menjangkau secara luas konsumen dengan dibentuknya Toyota Motor Sales sebagai badan perusahaan yang dinaungi oleh Toyota untuk menangani urusan penjualan, distribusi dan pemasaran. Di Indonesia, Toyota pertama kali mendistibusikan produknya untuk kendaraan perang seperti Tank dan Truk. Seiring dengan pesatnya permintaan dari Indonesia, Toyota bekerjasama dengan Astra untuk membentuk kerjasama dalam menyuplai produk Toyota dimana dibangun juga tempat perakitan unit setahun berikutnya. Seiring waktu berlanjut, kedigdayaan pasar Toyota di Indonesia mencapai puncaknya, pada tahun 1996 Toyota membuka pabrik pembuatan di daerah industri Karawang.

Penulis : Fauzan Perdana

HSR - Iqbal Abdul Ghofur

HSR Wheel - City Of Rims, Velg dan Ban Mobil Berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *