WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 08.00 - 00.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Transmisi Manual atau Transmisi Otomatis, Pilih yang Mana?

ketika membeli mobil memang membingungkan harus memilih mobil dengan transmisi manual atau otomatis. Hal ini terjadi karena biasanya harga mobil dengan bertransmisi manual lebih menggiurkan alias lebih murah dibandingkan mobil yang bertransmisi otomatis.

Tapi selain harganya, mobil bertranmisi manual dan otomatis memiliki kelebihan serta kekurangannya. Jadi sebaiknya ketika ingin membeli mobil kamu pertimbangkan baik-baik. Mulai dari  harga hingga kenyamanan berkendaranya.

Kelebihan Serta Kekurangan Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis

Saat ingin membeli mobil, sebaiknya kamu pikirkan matang-matang untuk pemilihan transmisinya. Sebab, akan berpengaruh untuk performa serta kenyamanan berkendara. Maka dari itu, kamu perlu pahami keunggulan serta kekurangan dari transmisi manual dan transmisi otomatis.

Mobil dengan Transmisi Manual

Transmisi Manual

Transmisi manual memiliki keunggulan dipengendaliannya karena pengendara yang memenggang kendali secara penuh pada mobil. Seperti perpindahan gigi ke gigi lainnya semua yang mengatur pengendaranya. Jadi ketika membutuhkan rasio gigi yang lebih rendah, kamu bisa langsung menurunkan giginya. Selain itu, mobil manual umumnya tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Kekurangan dari transmisi ini adalah penggunaannya yang lebih melelahkan dibandingkan transmisi otomatis, terutama ketika melewati kemacetan. Hal ini terjadi karena kamu perlu bolak-balik menahan koplingnya.

Kelebihan Serta Kekurangan Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis

Transmisi Otomatis

Berbeda dengan mobil yang bertransmisi manual, mobil bertransmisi otomatis memiliki keunggulan karena kemudahan pemakaiannya. Transmisi ini tidak membutuhkan pedal kopling, bahkan perpindahan antar giginya sudah diatur secara otomatis. Pemakaian yang lebih praktis inilah yang membuat banyak orang memilihnya.

Meskipun demikian, mobil bertransmisi otomatis perlu perawatan yang lebih dibandingkan dengan mobil manual. Seperti kamu harus mengecek dan mengganti oli transmisinya secara rutin. Hal ini perlu kamu lakukan agar tidak transmisi otomatis pada mobil kamu tidak cepat rusak karena biaya perbaikannya cukup mahal.

Jadi itulah keunggulan serta kekurangan dari transmisi manual dan otomatis. Jangan terlalu bingung menentukan transmisi mana yang harus dipilih saat membeli mobil. Jika kamu salah satu orang yang senang berkendara kamu bisa memilih mobil bertransmisi manual. Namun, jika kamu ingin pemakaian yang praktis dan ingin tetap nyaman melewati kemacetan setiap hari, kamu bisa memilih transmisi otomatis.