WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support
Selamat datang, Pak!
Kepala Cabang Kami siap membantu Anda. Cek cabang terdekat disini.

Contact Us
Velg Ban Mobil Modifikasi Dengan yang Lebih Besar

Dalam dunia modifikasi pada otomotif khususnya mobil tentu akrab dengan tindakan memperbesar diameter velg ban mobil. Velg ban merupakan bagian penting yang menunjang kinerja dari ban mobil. Lebar atau diameter velg yang digunakan memang dianjurkan disesuaikan standart pabrik. Namun beberapa pemilik mobil memilih memakai velg dengan diameter lebih lebar.

Alasan Memilih Velg Ban MobilLebih Besar

Velg ban mobil tidak hanya menjadi penentu kekuatan ban mobil namun juga mempengaruhi estetika atau menarik tidaknya tampilan mobil tersebut. Maka bagian velg ini kerap kali dijadikan point utama dalam proses modifikasi. Meski lumrah digubah sesuai keinginan pemilik namun terdapat sejumlah aturan dalam gubahan tersebut. Salah satunya dari penentuan diameter maksimal velg modifikasi yang digunakan.

Sebagian besar pemilik mobil yang memutuskan tindakan modifikasi pada velg ban memilih diameter lebih lebar. Rupanya bukan tanpa alasan hal ini dilakukan, alasannya adalah:

  • Kestabilan Dalam Bermanuver

Penggunaan velg dengan diameter lebih lebar diakui mampu meningkatkan kestabilan sebuah mobil. Sebab semakin lebar velg semakin stabil ketika menikung atau bermanuver. Apabila menyukai kecepatan atau sering melintasi jalan yang tikungannya banyak dan tajam. Maka memperbesar ukuran velg menjadi tindakan tepat.

  • Rem Menjadi Lebih Pakem

Berbekal diameer velg yang lebih lebar tidak hanya mempengaruhi kestabilan saat bermanuver. Akan tetapi juga mempengaruhi kekuatan rem sebuah mobil, yakni menjadi lebih pakem. Sehingga membantu mengurangi kecepatan mobil dengan lebih sigap dan tidak ada kendala saat melakukan pengereman mendadak.

  • Menghindari Selip

Menariknya semakin lebar diameter velg ban mobil maka semakin kuat daya cengkeramnya pada aspal. Sehingga modifikasi memperlebar velg mobil kerap kali ditujukan untuk menghindari selip. Sehingga resiko selip atau tergelincir ketika mobil melintasi jalanan basah dan licin bisa ditekan. Keamanan pun menjadi lebih terjamin dengan langkah modifikasi ini.

  • Memperindah Tampilan Mobil

Tidak dapat dipungkiri alasan beberapa orang memakai velg dengan diameter lebih lebar adalah untuk mempercantik tampilan mobil kesayangan. Pasalnya perlu diakui pula bahwa velg yang lebar cenderung lebih mencolok dan membuat tampilan mobil lebih elegan. Apalagi jika desain velg mobil yang dipilih memang unik dan tidak ada duanya, maka gengsi pun akan semakin naik.

Meskipun keputusan memperlebar velg ban mobil dilakukan menawarkan  banyak keuntungan, tentunya tidak terlepas pula dari kerugian. Salah satu bentuk kerugian yang wajib dipertimbangkan sebelumnya adalah fakta mengenai kenyamanan yang menurun. Sebab ketika velg ban lebih lebar maka guncangan yang dirasakan saat mobil melaju semakin tinggi.

Ketidaknyamanan akan meningkat manakala melintasi medan yang tidak rata atau  belum tertutup aspal. Maka perlu dipertimbangkan masak-masak, sebelum bertindak. Apalagi jika memiliki rencana membeli velg mobil dengan harga fantastis.

Tertarik untuk menaikan ukuran velg ban mobil standar dengan yang lebih besar? HSR Wheel memiliki koleksi velg dengan berbagai ukuran dan desain yang bisa disesuaikan dengan karakter mobil yang Anda miliki. Untuk mempertahankan mutu velg, HSR hanya dijual melalui toko cabang TKB Group Indonesia. Selain Velg ban mobil HSR, setiap toko cabang TKB juga menjual produk lain seperti aksesoris dan ban Accelera, Zeetex, Forceum, Yokohama.