Kategori: Velg Mobil

Velg HSR Gampang Rusak? Cari Tahu Penyebabnya Disini

Velg HSR Gampang Rusak ? - Anda pasti sedang mencari tahu kenapa velg mobil HSR yang anda gunakan menjadi gampang…

Velg HSR Gampang Rusak ? – Anda pasti sedang mencari tahu kenapa velg mobil HSR yang anda gunakan menjadi gampang rusak. Sudah bukan rahasia umum velg mobil adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Meski Velg Mobil terlihat aman dengan balutan ban berbahan karet yang tebal, tapi velg mobil juga bisa pecah, retak/rusak atau peyang.

Yang menjadi pertanyaan, Apakah semua merek velg mengalami kerusakan dari pabrikan tertentu saja atau hanya velg HSR?

Velg HSR Gampang Rusak? Ini Penyebabnya

Penyebab velg mobil dari HSR ataupun dari pabrikan lainnya (termasuk velg original) rusak dapat terjadi karena beberapa hal. Untuk itu, kenali hal yang dapat menyebabkan velg menjadi rusak, untuk kemudian menghindari resiko kerusakan dimasa yang akan datang.

  • Jalanan Rusak atau Berlubang

Jalanan rusak dan berlubang menjadi penyebab utama kerusakan velg mobil yang sering orang alami. Saat mobil melaju cepat dan menghantam lubang, maka velg mobil akan rentan peyang, bengkok atau bahakan pecah pada bagian bibir velg, apalagi jika anda menggunakan ban dengan profil yang tipis. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperlambat laju kendaraan agar velg anda juga tidak mudah rusak saat berkendara di jalanan yang rusak ataupun berlubang.

Baca Juga : Velg Sirius Berikan Small Car Akselerasi Maksimum

  • Penggunaan Ban Tidak Sesuai

Setiap velg mobil memiliki ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan ban yang akan digunakan, karet ban yang membalut velg tersebut jika tidak sesuai akan mudah untuk merusak velg. Maka dari itu, saat memilih ban mobil, perhatikan profil ketebalan ban dan juga lebar tapak ban tersebut.

Contoh Anda pengguna Honda Jazz RS dengan velg standar ring 16, dengan menggunakan velg ring 16 profil ban tampak tebal dan sangat aman digunakan, berbeda halnya apabila Anda mengupgrade velg menjadi ring 17 ataupun velg ring 18, karena ukuran velg lebih besar maka ban yang digunakan semakin tipis.

Karena ukuran ban yang lebih tipis, demi keselamatan dan kenyamanan berkendara alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu kepada penjual velg dan ban terkait maksimum ukuran velg dan ban yang aman digunakan di mobil anda untuk digunakan sehari-hari. Ingat !!! Keselamatan tetap No.1.

Baca Juga :

Accelera Eco Plush Ban Ramah Lingkungan

Teknologi Ban RFT yang Tak Butuh Ban Serep

  • Tekanan Angin Pada Ban Mobil

Tekanan angin pada ban setiap mobil sudah memiliki standar ukuran masing-masing. Hal ini biasanya dicantumkan pada keterangan yang ditempel pada bagian dalam pintu mobil. Ukuran tekanan angin yang tidak sesuai dapat mengakibatkan velg mudah peyang, atau menjadi penyok pada bagian pinggiran velg tersebut.

Dikutip dari Auto Expose, secara umum tekanan ban paling ideal untuk bekendara pada mobil-mobil penumpang tipe menengah seperti MPV dan Mini-SUV berkisar 30 hingga 32 PSI. Nilai ini, akan menunjang stabilitas berkendara yang baik dan tidak terlalu bergetar. Sementara pada mobil yang lebih kecil seperti sedan atau city car biasanya memiliki tekanan angin sekitar 28 – 30 PSI.

Jadi, Velg HSR gampang rusak ataupun velg dari pabrikan lainnya bukan karena komposisi bahan velg yang digunakan tetapi karena berbagai kondisi jalan, penggunaan, ban yang digunakan, tekanan angin dan penyebab lainnya seperti usia penggunaan.

Bagikan
HSR - Iqbal Abdul Ghofur

HSR Wheel - City Of Rims, Velg dan Ban Mobil Berkualitas.

Tulisan Terbaru

Velg Wender Wuling Cortez dari HSR Wheel

Velg Wender - Wuling Motors memang agresif di pasar Indonesia. Sekalipun ia baru berusia satu tahun pada Juli 2018, genjotan…

1 bulan Lalu

Velg Carnations Untuk Dua Varian Baru Xpander

Velg Carnations - Mitsubishi memang tidak pernah berhenti mengembangkan dominasi sayapnya di pangsa pasar Indonesia. Melalui jawara barunya yang langsung…

1 bulan Lalu

Velg Tempest Xpander, Sang Kampiun LMPV

Velg Tempest Xpander - Mitsubishi memang gila. Pertaruhan besar-besaran di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) akhirnya membuahkan hasil yang…

1 bulan Lalu

Velg Impul Odyssey MPV Termahal dari Honda

Velg Impul Odyssey - Tampaknya Honda memang menyasar pasar kalangan keluarga menengah atas yang masih senang berkendara sendiri. Melalui Odyssey…

1 bulan Lalu

Nissan Terra, Adu Gagah di Kelas Medium SUV

Velg Logan HSR - Kini pasar mobil tanah air akan dibuat lebih panas dengan hadirnya varian produk baru dari Nissan…

1 bulan Lalu

Nissan Teana Tampil Tajam dengan Velg Zinik HSR

Velg Zinik - Nissan Teana memang bukan mobil sembarangan. Big sedan dengan kesan eksklusif ini memang berkelas. Untuk mendapatkan mobil besutan…

1 bulan Lalu