Saat Anda masuk ke toko yang jual ban Bandung seperti di Hotwheel, terdapat garis-garis berwarna yang tercetak di permukaan ban baru. Bagi orang awam atau yang belum tahu, garis di ban baru tersebut cukup mengganggu bahkan mungkin menjadi hal yang menarik yang wajib dipertimbangkan. Akan tetapi, garis tersebut tidak memiliki arti khusus untuk konsumen atau pemilik kendaraan yang mempengaruhi performa ban tersebut.

Penanda Ukuran Ban Mobil untuk Karyawan

Jual Ban BandungGaris warna yang ada di permukaan ban memiliki fungsi untuk pembeda saat ban tersebut masih di pabrikan atau di toko. Dengan adanya garis tersebut, maka pekerja atau karyawan baik yang ada di toko atau tempat pembuat ban, tidak perlu mengecek satu-satu untuk bisa membedakan ukuran dan model ban yang spesifikasinya terdapat di sisi dinding ban sehingga pengelompokan ban juga dapat dilakukan lebih cepat.

Extruding Tire

Pada proses pembuatan ban, terdapat proses yang disebut dengan extruding. Proses ini merupakan proses dimana terjadi pembentukan karet compound yang dirubah menjadi lembaran-lembaran yang mempunyai ukuran yang lebar, panjang serta memiliki kontur tertentu.

Material yang dibentuk di proses extruding ini nantinya akan dijadikan menjadi treat (telapak ban) serta sidewall (dinding samping ban). Di proses inilah, garis-garis misalnya warna merah merah pada ban dibuat yang nantinya akan dijadikan patokan untuk pembeda ukurannya.

Rambut Ban

Tidak hanya garis warna yang dibuat saat ban dibuat namun juga spew atau yang lebih dikenal sebagai rambut ban. Spew yang terbentuk ini memiliki fungsi untuk membuat udara ketika konstruksi ban sehingga tidak ada udara yang terperangkap ketika proses holding.

Walaupun tidak ada tujuan khusus dalam pembentukan spew terkait dengan performa ban, namuin, seiring waktu, rambut ban tersebut menjadi indikator tersendiri. Misalnya jika rambut-rambut ban sudah tergerus dan habis kemudian ban botak, maka ban kendaraan seperti mobil sebaiknya diganti agar daya cengkram ban menjadi lebih bagus.

Jadi, tidak perlu khawatir jika ban Anda memiliki garis warna yang berbeda ketika anda berkunjung ke tempat jual ban bandung, karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi performanya.