Fungsi dan Cara Kerja GPS Mobil

Fungsi dan Cara Kerja GPS Mobil

Cara Kerja GPS Mobil – Mungkin bagi para pemilik kendaraan bermotor sudah mengetahui sedikit banyak tentang GPS. Global Positioning System atau GPS adalah komponen yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian posisi mobil. GPS merupakan sistem navigasi satelit yang didesain secara khusus untuk memberikan informasi mengenai titik koordinat posisi mobil dengan cepat dan tepat.

Lalu, bagaimana cara kerja GPS mobil beserta fungsinya saat terpasang? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Kerja GPS Mobil

GPS mobil ini terhubng dengan jaringan satelit untuk menentukan lokasi kendaraan kamu ada di mana. Teknologi ini disebut proses trilateration yang digunakan untuk menentukan lokasi fisik kendaraan dengan berdasarkan jarak melalui tiga satelit.

Titik lokasi mobil akan dikirim dengan sinyal GPS melalui tower operator. Di dalam server, data titik lokasi akan dirubah dan diproses untuk ditampilkan melalui aplikasi desktop, aplikasi smartphone, hingga browser. Jika diurutkan, maka cara kerja GPS mobil adalah sebagai berikut:

  1. GPS menerima informasi titik koordinat bumi minimal dari tiga satelit.
  2. GPS mengirim informasi ini ke server operator melalui tower-tower seluler yang ada.
  3. Seluruh posisi kendaraan akan dikonversi oleh server agar bisa mengirimkan titik lokasi kendaraan secara nyata.
  4. Titik kendaraan akan ditampilkan dan bisa dilihat melalui berbagai macam browser, entah itu melalui desktop ataupun smartphone.

Fungsi GPS Mobil

Setelah mengetahui cara kerja GPS dalam menentukan titik lokasi kendaraan, kini saatya mengetahui fungsi GPS mobil itu sendiri. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Meminimalisir Tindak Pencurian

Fungsi GPS yang bisa melacak posisi kendaraan ini bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan kendaraan dari risiko pencurian. Ketika mobil yang kamu miliki dicuri, maka kamu bisa segera mengetahui di mana lokasi mobil kamu dibawa lari. Beberapa jenis GPS juga sudah disematkan fitur yang dapat mematikan mesin mobil walaupun dari jarak jauh.

2. Memunculkan Lokasi Kantor Polisi Terdekat

Tak hanya berfungsi untuk menunjukkan lokasi kendaraan saja, GPS juga disematkan fitur keamanan berupa mendeteksi kantor polisi terdektar. Fitur ini bisa kamu gunakan ketika mengalami hal yang tidak diinginkan saat melakukan perjalanan. Dan ketika mengalami tindak criminal seperti rampok atau begal, kamu bisa menekan tombol ‘Help’ yang ada di aplikasi GPS pada smartphone. Maka secara otomatis GPS akan menunjukkan jalan terdekat menuju kantor polisi, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

3. Melihat Histori Perjalanan

GPS juga memiliki fungsi untuk menyimpan riwayat perjalanan yang kamu lakukan. Data ini akan disimpan oleh GPS selama jangka waktu tertentu saja. Nah, kamu sebagai pemilik kendaraan bisa melihat lokasi mobil berhenti di mana saja, waktu dan jam nya pun bisa diketahui.

Demikian informasi tentang fungsi dan cara kerja GPS mobil yang mungkin perlu kamu ketahui. Intinya adalah, GPS merupakan komponen yang dapat meningkatkan keamanan mobil kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan