Bagi orang awam, misalnya membeli ban untuk cadangan ataupun untuk pengganti ban yang sedang bermasalah dari tempat jual ban mobil Jogja seperti di Kayana Motorsport Jogjakarta, ban tersebut akan langsung disimpan tanpa mengecek tekanan udara di dalamnya terlebih dahulu. Padahal salah satu faktor penyebab ban mengalami kerusakan adalah karena tekanan udara yang tidak stabil seperti kekurangan ataupun kelebihan tekanan udara.

Efek Tekanan Ban Terlalu Tinggi dan Rendah

Jual Ban Mobil JogjaMasing-masing pabrikan, baik mobil ataupun ban, sudah memberikan patokan sendiri untuk tingkat tekanan udara yang dianjurkan. Jika tidak, bisa mengakibatkan efek seperti di bawah ini:

1. Tidak Stabil

Saat mobil memiliki tekanan udara yang lebih besar dari yang diajurkan, maka kendaraan bisa menjadi tidak stabil, terutama jika Anda mengendarainya dengan kecepatan yang tinggi. Hal tersebut disebabkan karena bagian tapak ban yang menyentuh permukaan jalan menjadi mengecil. Karena hal itu, resiko terjadinya slip saat berkendara juga akan semakin besar.

2. Getaran Keras

Dapat dikatakan jika tekanan udara pada ban memiliki pengaruh yang hamper sama dengan shockbreaker. Semakin ideal tekanan udara tersebut, yang sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan, maka kemampuan untuk meredam getaran juga akan semakin baik. Sehingga jika tekanan udara pada ban terlalu besar yang mengakibatkan ban terlalu padat, maka orang yang ada di kabin, baik pengemudi atau penumpang, akan merasakan bantingan yang cukup keras.

3. Ban Cepat Aus

Ban yang memiliki tekanan udara yang berlebihan, bisa menyebabkan permukaannya cepat aus. Bagian aus tersebut biasanya berada di bagian tengah. Hal tersebut disebabkan karena bagian tengah yang memiliki udara yang terlalu padat mengalami pergesekan dengan permukanan jalan. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka bisa mengurangi daya cengkram ban terutama untuk melaju di medan yang licin.

4. Tarikan Berat

Jika ban Anda kekurangan tekanan udara, bisa menyebabkan tarikan mesin menjadi lebih berat sehingga bahan bakar yang dipergunakan juga semakin boros. Akibat lain dari ban yang kurang tekanan udara yaitu:

  • Respons pengendalian yang menurun karena ban menjadi terlalu berat.
  • Terjadinya pecah ban yang disebabkan karena komponen ban seperti karet, benang dan kawat yang mengalami kerusakan.

Karena hal tersebut, maka Anda perlu mengecek tekanan ban setiap harinya terutama untuk perjalanan jauh dan juga saat harus membawa beban yang cukup berat. Jika perlu, sediakan ban cadangan tambahan dari Kayana Motorsport yang jual ban mobil Jogja yang berkualitas!