4 Komponen Mobil yang Bisa Dicek Sendiri di Rumah

Komponen Mobil yang Bisa Dicek Sendiri

Komponen Mobil yang Bisa Dicek Sendiri – Sampai saat ini pandemi Covid-19 masih saja hadir di Indonesia, satu tahun lebih virus ini ada dan membuat masyarakat harus mengurangi kegiatannya di luar rumah. Bahkan, untuk lebaran tahun ini pun pemerintah memberlakukan larangan mudik untuk menekan laju penularan penyakit yang berasal dari Cina tersebut.

Ketika mobil dalam kondisi diam atau di rumah saja dalam waktu yang lama, kamu sebagai pemilik mobil tetap harus menjaga performa mobil dengan melakukan perawatan. Nah untuk kamu yang belum tahu, untuk beberapa komponen mobil yang terpasang bisa kamu lakukan pengecekan sendiri. Dan pengecekan tersebut bisa dilakukan di rumah tanpa perlu lagi harus ke bengkel.

Komponen Mobil yang Bisa Dicek Sendiri

Apa saja komponen tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Radiator

Radiator sendiri adalah hal utama yang wajib kamu perhatikan kondisinya, maka dari itu pemeriksaan ini perlu perhatian lebih. Air radiator di dalam mobil wajib seallu dalam kondisi penuh hingga batas leves yang ada.

Fungsi air radiator sendiri untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil. Selain itu, periksa juga bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Pastikan selang ini tidak ada keretakan atau penggelembungan yang terjadi.

2. Oli Mesin

Oli mesin adalah salah satu komponen yang wajib secara rutin dilakukan penggantian, hal ini dikarenakan oli mesin berfungsi untuk meringankan kinerja mesin mobil. Dengan adanya pelumasan yang baik, maka akan mengurangi gaya gesek antar komponen.

Untuk mengecek oli mesin sendiri, silakan keluarkan stik oli atau dipstick, kemudian periksa level ketinggian oli di ujung stik. Pastikan oli mesin ada diantara batas low dan juga high, dan kamu juga perlu perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna coklat, sedangkan oli yang sudah tidak layak memiliki warna hitam pekat.

Penggantian oli sendiri wajib dilakukan penggantian secara rutin sesuai dengan anjuran yang tertulis pada buku petunjuk kendaraan.

3. Ban Mobil

Ban mobil adalah komponen penting yang terpasang pada sebuah mobil. Karena ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Maka dari itu, kondisinya perlu dipastikan dengan seksama. Kamu bisa mengecek permukaan ban mobil tidak gundul dan tidak ada bagian yang retak atau pun benjor.

Tread Wear Indicator (TWI) adalah garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban, garis ini juga perlu kamu perhatikan. Jika permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, maka ban bisa dipastikan sudah tipis dan perlu dilakukan penggantian segera.

Selain itu, tekanan angin juga perlu kamu periksa apakah dalam kondisi sesuai standar tekanan ban atau kurang.

4. Wiper

Selanjutnya, silakan periksa kondisi wiper mobil kesayangan Haiser. Kamu bisa mengecek permukaan karet wiper dalam kondisi retak dan sobek atau tidak. Kamu juga bisa melakukan pengecekan karet wiper apakah masih membersihkan kaca mobil secara maksimal atau tidak.

Tabung air wiper yang ada di dalam kap mesin juga bisa kamu cek, isi tabung air ini dengan cairan khusus pembersih wiper. Kondisi wiper yang baik tentu akan membuat pengendara semakin merasa nyaman dan juga aman untuk berkendara dalam cuaca apapun.

Nah, itu dia 4 komponen mobil yang bisa kamu lakukan pengecekan sendiri di rumah. Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan