5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami kendala seperti mogok di tengah jalan atau mengalami kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan mesin yang cukup parah.

Mobil yang digunakan untuk menderek umumnya adalah jenis truk yang dilengkapi dengan alat ruang untuk mengankut atau menderek mobil di bagian belakangnya. Mobil derek hanya mampu mengangkut satu mobil dalam satu kali perjalanan. Mobil derek juga memiliki banyak jenisnya walaupun fungsi umumnya tetap sama, hal tersebut tergantung jenis dan keadaan mobil yang akan diderek. Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Mobil Derek

Mobil derek memiliki beberapa jenis, yaitu derek boom atau kran, kait dan tarik, roda depan diangkat, towing atau diangkat.

Derek Boom

Mobil Derek Boom

Mobil derek boom atau kran biasanya diperuntukan menderek mobil yang keadaannya cukup parah. Biasanya, derek ini memiliki crane di belakangnya dan digunakan untuk mobil yang masuk ke dalam parit ataupun untuk membalikan kendaraan yang kondisinya terbalik.

Derek Kait dan Tarik

Mobil derek ini menggunakan rantai untuk menarik kendaraan di belakangnya. Akan tetapi, pengemudi mobil yang diderek harus ikut untuk mengemudikannya di belakang. Berbeda dengan kebanyakan derek yang hanya meninggalkan mobilnya saja tanpa harus ikut masuk untuk dikendalikan lagi.

Derek Roda Depan Diangkat

Derek jenis ini dilakukan pada mobil yang rem parkirnya masih dalam keadaan aktif. Biasanya digunakan untuk kendaraan yang parkir sembarangan. Sehingga ketika diderek, roda yang masih terkunci akan diangkat dan mobil berjalan dengan satu tumpuan saja. Seringnya, mobil derek ini digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk mengangkut mobil yang salah parkir.

Derek Towing atau Gendong

Mobil Derek Towing

Derek towing biasanya digunakan untuk mengangkut kendaraan dari show room ke rumah pembeli atau mengangkut mobil yang mogok ke bengkel, hingga mobil yang mengalami kerusakan parah dan tidak bisa dijalankan. Derek ini dilakukan dengan cara meletakan mobil  ke atas kendaraan truk.

Derek Hidrolik

Mobil Derek Hidrolik

Derek ini digunakan untuk mengangkut mobil-mobil yang memiliki ground clearance rendah, biasanya mobil ini sudah memodifikasi beberapa bagian, salah satunya velg. Derek ini menggunakan teknologi hidrolik. Sehingga, bak mobil derek akan diturunkan ke bagian paling rendah kemudian mobil akan dinaikan ke atas bak angkut. Caranya memang terlihat hampir mirip dengan derek towing atau gendong.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan