Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin mobil ini. Carbon cleaner memiliki kemampuan untuk membersihkan ruang pembakaran pada mobil dengan menghilangkan kerak-kerak yang muncul.

Kerak-kerak tersebut berasal dari proses pembakaran yang tidak optimal. Akibatnya, terjadilah penumpukan kerak di bagian dalam mesin. Maka, untuk menghilangkannya kamu bisa menggunakan carbon cleaner yang bagus dan cocok untuk mobil kesayangan kamu.

Memilih Carbon Cleaner yang Bagus

Carbon cleaner memiliki kemampuan untuk membersihkan residu yang akan dikeluarkan melalui sistem pembuangan knalpot dan oli mesin. Residu ini tergolong sulit untuk dibuang jika tidak menggunakan carbon cleaner. Kandungan zat kimia carbon cleanerlah yang mampu menghilangkan residu tersebut.

Carbon cleaner yang beredar di pasaran saat ini, tidak semua mengandung bahan yang dapat membuat mesin mobil menjadi lebih sehat. Sebab, beberapa cairan carbon dapat mengganggu pembakaran mesin. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh asal memasukan cairan tersebut ke mesin mobil untuk menghindari terjadinya kerusakan, terutama di bagian klep dan silinder pada mesin mobil. Jangan sampai, niat ingin menghilangkan kerak malah membuat masalah baru dengan munculnya karat pada mesin akibat memiliki zat asam terlalu tinggi.

Kapan Saatnya Menggunakan Carbon Cleaner?

Sebaiknya, gunakan carbon cleaner setiap mobil telah mencapai 20 ribu kilometer atau setiap dua tahun sekali. Sebab, carbon cleaner tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering. Hal ini dilakukan untuk menghindari endapan karbon di dalam ruang bakar yang semakin banyak, apalagi jika kamu sering melewati jalanan yang cenderung macet.

Selain itu, jika kamu ingin menggunakan carbon cleaner, pastikan mobil kamu telah dipanaskan. Hal ini dapat membantu pelumasan sempurna di dalam mesin. Ditambah, mesin yang sudah panas mampu membantu menghilangkan kerak yang ada di dalam mesin ketika telah bercampur dengan cairan carbon cleaner secara optimal. Akan tetatpi, jika kamu tidak menemukan carbon cleaner berbentuk cairan, kamu bisa menggunakan carbon cleaner berbentuk gas.

Pos Terbaru

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

1 hari lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan… Read More

1 minggu lalu

Sering Pegal Saat Berkendara? Lakukan 3 Tips ini!

Pegal-pegal saat berkendara memang merupakan hal lazim dialami bagi para pengemudi, apalagi jika harus menempuh… Read More

1 minggu lalu

Ketahui Sistem Penggerak Pada Mobil (2WD, 4WD dan AWD)

Sistem penggerak pada mobil ada berbagai macam dengan setiap perbedaan didalamnya. Biasanya disebut juga dengan… Read More

1 minggu lalu

3 Resiko Cat Ulang Mobil Jika Sembarangan

Banyak orang yang melakukan cat ulang mobil dengan berbagai macam alasan. Penyebabnya bisa terjadi karena… Read More

1 minggu lalu