Penyebab Diesel Runaway dan Cara Mengatasinya!

Penyebab Diesel Runaway

Diesel Runaway merupakan kondisi dimana mesin terus hidup dan berada di putaran tinggi meskipun mesin mobil telah mati. Dalam arti ketika terjadi diesel runaway, mesin mobil tidak mau mati, padahal kunci sudah dicabut sekalipun.

Apabila kondisi mesin diesel runaway, maka sudah tidak bisa lagi  dihentikan. Biasanya ketika diesel runaway,  engine terus berputar dan sampai mengeluarkan asap mengepul pada ujung knalpot.

Nah, situasi tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal. Berikut ini penyebab diesel runaway, simak sampai habis ya!

4 Penyebab Diesel Runaway

Diesel Runaway rusak dapat disebabkan karena beberapa hal. Berikut ini penyebabnya:

1. Control Sleeve Macet

Control sleeve atau pioner macet bisa berpengaruh terhadap plunger yang kesulitan untuk mengontrol penginjeksian bahan bakar ke ruang bakar.

Sehingga bospom inline, control sleeve komponen terpisah. Sementara pada bospom distributor bersatu  dengan rotor head. Bedanya, pada bospom inline, control sleeve yang macet tidak akan berpengaruh terhadap komponen lainnya.

Sedangkan pada bospom distributor, kemacetan control sleeve punya potensi untuk merusak governor lever assembly ketika mesin diesel runaway.

2. Kebocoran Oli

Kebocoran oli bisa menjadi penyebab diesel runaway. Kebocoran oli bisa membuat celah piston plus ring dengan line jadi terlalu lebar. Seharusnya bahan bakar bisa masuk dalam rotor head, namun harus melalui solenoid.

Ketika stop kontak mati atau arus menuju solenoid diputuskan. Otomatis seharusnya jalur bahan bakar sudah tertutup. Sehingga kebocoran oli bisa melalui celah piston plus ring dengan liner terlalu lebar

3. Kegagalan Governor pada Mobil

Governor berfungsi untuk mengatur debit bahan bakar sesuai putaran mesin dan menjaga mesin agar tidak overrunning saat putaran tengah tinggi. Ketika komponen tidak bisa berfungsi akan membuat terjadi diesel runaway.

4. Metering macet

Matering berfungsi untuk mengontrol pasokan bahan bakar pada rotor head bospom in line tipe DPA, DPC, dan DPS. Diesel runaway engine terjadi karena kotoran dan air mengganggu kerja dan membuatnya tidak berfungsi. Sehingga bisa membuat diesel runaway.

Solusi Mencegah Diesel Runaway

Nah, apabila kamu telah mengetahui penyebab terjadinya diesel runaway. Kini saatnya HSR Wheel akan bagikan solusi untuk mencegah terjadinya diesel runaway. Salah satunya, yaitu dengan merawat mesin secara berkala. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen mesin maka akan terdeteksi dan segeralah diperbaiki. Agar diesel runaway tidak terjadi.

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan