5 Tips Merawat Mobil Diesel Dengan Benar

Tips Merawat Mobil Diesel

Tips Merawat Mobil Diesel – Mobil dengan transmisi diesel saat ini masih banyak menjadi pilihan di hati masyarakat Indonesia. Selain dikenal memiliki mesin bandel, terdapat beberapa kelebihan lainnya yang tidak ada di mobil dengan mesin bensin.

Beberapa kelebihan mesin diesel diantaranya adalah penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, tahan lawa dana wet, dan juga torsi mesin yang dikeluarkan lebih besar. Itulah sebabnya hingga saat ini mobil diesel masih menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diminati.

Tips Merawat Mobil Diesel

Walaupun mobil diesel dikenal dengan ketangguhannya, kamu masih perlu rahin untuk melakukan perawaran berkala agar mesin diesel tetap awet dan juga tahan lama. Berikut cara merawat mobil diesel dengan baik dan benar.

1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Apabila mobil hendak digunakan, panaskan terlebih dahulu mesin mobil selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk melancarkan sirkulasi oli sehingga dapat melumasi komponen yang ada di dalam mesin.

2. Gunakan Oli yang Tepat

Cara merawat mobil diesel selanjutnya adalah melakukan penggantian oli dengan spesifikasi yang tepat. Seperti yang diketahui, fungsi oli mesin adalah sebagai pendingin suhu mesin, membersihkan, dan melindungi komponen yang ada di dalam mesin.

Maka dari itu gunakanlah oli mesin yang memiliki spesifikasi sesuai dengan rekomendari pabrikan dan jangan pernah telat untuk mengganti oli mesin.

3. Gunakan Solar Berkualitas

Merawat mesin diesel juga bisa dengan cara memerhatikan kualitas bahan bakar yang digunakan. Karena solar, bahan bakar yang digunakan oleh mesin diesel memiliki kandungan Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah.

Beberapa jenis solar dengan kadar CN tinggi dan juga kandungan sulfur yang rendah telah tersedia di berbagai SPBU di Indonesia. Kandungan sulfur yang tinggi ini bisa membuat komponen injektor menjadi rusak dan pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak sempurna.

Sebaliknya, kandungan sulfur yang rendah akan membuat emisi gas buang. saluran bahan bakar, filter solar, dan juga ruang bakar menjadi bersih. Nah, saat ini solar yang disubsidi oleh pemerintah memiliki nilai CN 48 dan sulfur 3.500 part per million (ppm). Sedangkan solar non subsidi memiliki nilai CN 51 dan kandungan sulfur 1.200 ppm. Untuk solar yang lebih baik lagi memiliki nilai CN 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.

4. Ganti Filter Bahan Bakar Dengan Tepat

Penggantian filter bahan bakar ini wajib dilakukan karena berfungsi sebagai alat penyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air atau kotoran. Ketika kandungan air atau kotoran yang ada di solar masuk ke sistem pembakaran, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan besar kemungkinan mobil akan mogok.

Pastikan juga filter bahan bakar diganti sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang ada pada buku manual mobil untuk menghindari terjadinya kerusakan akibar air atau kotoran berhasil masuk di mesin.

5. Ganti Filter Udara

Proses pembakaran pada mesin akan sempurna karena dipengaruhi oleh faktor udara yang bersih. Namun, debu atau kotoran yang ukurannya sangat-sangat kecil bisa terbawa angina dan juga masuk melalui pori-pori filter udara. Debu dan kotoran yang terlanjur masuk melewati filter udara ini tentunya akan memengaruhi proses pembakaran yang menjadi tidak sempurna.

Dan itu dia beberapa cara merawat mobil diesel yang perlu kamu ketahui untuk membuat mobil menjadi tahan lama dan juga awet. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala di bengkel kepercayaan kamu, semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan