Rear Foglamp : Fungsi dan Cara Kerjanya

Rear Foglamp

Rear Foglamp – Berkendara di kondisi udara yang sedang berkabut memang memerlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Dengan jarak pandang pengemudi yang terbatas ini, potensi terjadinya kecelakaan bisa sangat besar, terutama tertabrak dari belakang. Salah satu komponen yang bisa diandalkan dalam kondisi berkabut seperti ini adalah dengan menggunakan lampu kabut.

Komponen ini tentunya akan membantu pengemudi untuk melihat jalanan pada jarak dekat yang ada di depannya. Namun, lampu kabut tersebut hanya membantu pengemudi untuk melihat ke depan saja, sedangkan untuk bagian belakang tidak terlindungi dan berisiko tak terlihat oleh pengendara lain yang ada di belakang.

Dikutip melalui laman resmi Hyundai Indonesia, lampu senja biasa memang belum tentu bisa menembus kepekatan kabut yang tebal di jalan. Untuk itu, beberapa mobil saat ini sudah disematkan fitur lampu kabut belakang. Namun, perbedaan lampu kabut dengan lampu senja sendiri adalah intensitas cahayanya yang lebih terang.

Lampu kabut memiliki pencahayaan yang lebih terang sehingga mampu menembus kepekatan kabut dan membuat mobil menjadi lebih mudah terlihat oleh pengemudi di belakang. Dengan mobil memiliki fitur ini, maka risiko mobil tertabrak dari belakang pada saat kondisi berkabut pun bisa dihindari.

Untuk mengaktifkan fitur rear foglamp sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menyalakan lampu kabut depan yang nanti akan secara otomatis mengaktifkan lampu kabut belakang dengan sendirinya.

Jangan Nyalakan Sembarangan

Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan gunakan lampu kabut ini pada kondisi yang sedang cerah dan tidak berkabut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lampu kabut memiliki intensitas cahaya yang tinggi. Apabila diaktifkan tidak sesuai dengan kegunaannya, maka akan berbahaya pagi pengemudi lainnya karena menyilaukan. Dan tentu saja risiko kecelakaan bisa saja terjadi.

Maka dari itu, dengan banyaknya fitur keselamatan di mobil, kamu sebagai pengemudi perlu menggunakannya secara bijak. Jangan sampai fitur yang seharusnya menyelamatkan malah akan menjadi boomerang yang memiliki imbas fatal.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan