Atur Kaca Spion Agar Bisa Menghindari Blind Spot

Ketika kamu berkendara, kamu perlu memahami blind spot. Sebab, dengan memahami dan mengantisipasi titik blind spot atau titik buta, termasuk cara untuk menjaga keselamatan berkendara.

Ketika kamu berkendara, memang tidak sulit untuk melihat ke depan, namun untuk melihat objek di belakang ataupun di samping menjadi sebuah permasalahan saat berkendara. Maka dari itu, para produsen mobil menciptakan komponen-komponen penunjang keselamatan berkendara yaitu kaca spion.

blind spot

Atur Spion dengan Benar Bisa Mengantisipasi Blind Spot

Blind spot adalah titik pandangan yang tidak terlihat oleh pengemudi, seperti sisi belakang dan samping. Hal tersebut cukup menjadi masalah sehingga kamu perlu mengatasinya agar tetap selamat saat berkendara.

Ada hal yang perlu kamu ketahui, bahwa blind spot setiap mobil tidak selalu sama.  Jadi kamu perlu mengatur kaca spion mobil kamu dengan baik. Jika kamu bertanya mengapa blind spot setiap mobil bisa berbeda karena posisi bangku pengemudi dan ukuran mobil juga berbeda-beda. Untuk mengantisipasi blind spot kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini.

blind spot

Memaksimalkan Fungsi Ketiga Spion

Sebenarnya kamu bisa meminimalkan titik buta dengan mengatur ketiga kaca spion (kanan, kiri, dan tengah) sebelum kamu berangkat berpergian. Kamu bisa ikuti cara mengatur kaca spion berikut ini.

  1. Lakukan pada saat mobil berhenti
  2. Arahkan spion tengah (spion kabin) ke posisi yang menghasilkan sudut pandang paling tengah, sehingga ketika melihat ke spion tersebut sudut pandang ke kanan dan kiri sama.
  3. Untuk spion samping, kamu bisa arahkan keluar sampai persis di batas bodi mobil sehingga bisa memperluas pandangan ke samping kendaraan.
  4. Saat parkir mundur, sebaiknya kamu arahkan ke bawah spion kiri agar kamu bisa tahu posisi ban terhadap trotoar atau pembatas lainnya.
  5. Saat berjalan, biasakan 8—10 detik sekali mengecek keadaan sekitar melalui spion
blind spot

Pasang Kaca Spion Tambahan

Selain memaksimalkan ketiga spion, kamu juga bisa memakai spion tambahan. Biasanya spion tambahan berukuran kecil dan agak cembung. Spion tambahan ini juga ditempel pada bagian sudut atas terluar spion utama yang berada di kanan dan kiri mobil. Penempatan posisi spion tambahan yang benar bisa membuat kamu mampu melihat area yang lebih luas.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan