Penyebab Tekanan Angin Pada Ban Sering Berkurang

Merasa tekanan angin pada ban mobil sering kali berkurang, walaupun kondisi ban masih dalam keadaan yang baik? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pengurangan tekanan angin tanpa kita sadari. Disini kami akan menjelaskan sedikit apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Tekanan Angin Pada Ban Mobil

Faktor Penyebab Tekanan Angin Pada Ban Berkurang

  • Pori-pori Pada Ban Mobil

Ban mobil memiliki pori-pori yang sangat halus, sehingga memungkinkan angin keluar melalui pori-pori tersebut. Namun penurunan tekanan angin yang keluar melalui pori-pori ban tersebut tidak terlalu signifikan hanya sekitar 1 psi selama 1 bulan. Karena itu disarankan untuk memeriksakan tekanan angin pada ban mobil secara rutin minimal sekali dalam 1 bulan.

  • Kerusakan Pada Pentil Ban

Pentil ban yang rusak biasanya terdapat celah halus yang menyebabkan angin keluar. Kerusakan pentil terjadi biasanya dikarenakan karat yang terdapat pada pentil. Selain karat, karet yang menjadi perapat antara pentil dan velg sudah getas yang bisa menjadi jalur keluarnya angin.

  • Tutup Pentil Tidak Terpasang

Untuk kamu yang tidak menyadari tutup pentil pada ban mobil tidak terpasang, jangan kaget kalau tanpa disadari tekanan angin pada ban mobil kamu tiba-tiba berkurang. Selain mencegah terjadinya pengurangan tekanan angin, tutup pentil juga berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran ke pentil yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada pentil.

  • Velg Mobil Bermasalah

Kondisi velg mobil yang bermasalah seperti velg yang peyang atau terdapat keretakan kecil bisa menjadi faktor penyebab berkurangnya tekanan angin pada ban mobil. Jadi bila ban mobil masih benar-benar dalam kondisi yang prima, kondisi pentil masih dalam keadaan yang baik, dan tutup pentil tetap terpasang tetapi masih sering mengalami kekurangan tekanan angin, disarankan untuk memeriksakan kondisi velg mobil.

Semoga dengan memahami penyebab sering berkurangnya tekanan angin ban mobil, kamu bisa melakukan antisipasi lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kondisi tekanan angin pada ban mobil kamu secara rutin ataupun setiap mobil akan kamu gunakan.

Jangan Tunda Mengganti Ban Mobil yang sudah Tidak Layak Pakai

Merasa ban mobil yang kamu gunakan sudah tidak layak untuk dipakai lagi, jangan pernah menunda untuk menggantinya dengan yang baru. TKB Group Indonesia menawarkan Ban mobil dari Brand Accelera, Forceum, Zeetex, dan Yokohama dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, TKB Group Indonesia juga menawarkan velg terbaik asli Indonesia HSR Wheel dengan beragam type, desain dan ukuran yang beragam.

Dengan berbelanja di TKB Group Indonesia, kamu juga bisa mendapatkan beberapa fasilitas seperti GRATIS ISI NITROGEN, GRATIS TAMBAL BAN TUBELESS, GRATIS BALANCING dan masih banyak keuntungan lainnya. Tunggu apalagi, segera datangi toko-toko cabang TKB Group Indonesia terdekat dengan tempat tinggal kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan