Toyota Vios Vs Honda City 2022, Bagusan Mana?

Toyota Vios Vs Honda City 2022

Toyota Vios Vs Honda City merupakan mobil sedan yang menguasai pasar di Indonesia. Persaingan yang ketat membuat dua mobil sedan ini selalu melakukan inovasi setiap tahunnya. Meskipun tentunya tetap mempertahankan ciri khas masing-masing. Pada tahun 2022 baik Toyota Vios maupun Honda City baru saja mengeluarkan produk unggulannya dengan rentang harga yang tidak terlalu jauh.

Menurut kamu lebih baik Toyota Vios atau Honda City 2022? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, HSR Wheel akan membandingkan secara head to head. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap ya!

Baca Juga: Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Perbandingan Toyota Vios Vs Honda City Terbaru

Eksterior

Toyota Vios memiliki panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm dengan jarak poros roda (wheelbase) sebesar 2.550 mm. Sedangkan Honda City memiliki panjang 4442 mm, lebar 1694 mm, tinggi 1.467 mm dengan panjang wheelbase 2.589 mm. Selisih di antara keduanya tidak terlalu berbeda jauh. Ini artinya kedua mobil memiliki volume ruang kabin yang hampir sama.

Jika kita melihat pada bagian lampu utama, Honda City masih menggunakan lampu depan model LED dengan reflektor. Sedangkan Toyota Vios satu langkah lebih maju, pada bagian lampu depan pencahayaannya lebih terarah dengan proyektor. Baik Honda City maupun Toyota Vios telah menggunakan LED. Hanya saja untuk Toyota Vios telah dilengkapi dengan DRL (Day-time Running Light).

Sedangkan untuk lampu bagian belakang, keduanya masih menggunakan bohlam. Namun ornamen pada Toyota Vios lebih modern dengan adanya sentuhan LED light guide.

Interior

Interior Honda City

Honda City 2022 tidak memiliki pengaturan Ultra Seat yang mana jok dapat dilipat dengan Refresh Mode, Tall Mode, Utility Mode, atau Long Mode. Untuk warna kabinnya, Honda City lebih berwarna hitam dan terkesan sporty berbeda dengan Toyota Vios yang memilih warna cerah.

Honda City telah menggunakan paddle shift untuk pindah gigi secara manual dan juga terdapat tombol cruise control yang mana Toyota Vios belum memilikinya.

Untuk panel pengaturan AC, Honda City lebih unggul karena pengoperasiannya sudah menggunakan mode sentuh. Sedangkan Toyota Vios sistem pengoperasiannya harus dipijit. Antara Honda CIty dan Toyota Vios tidak memiliki perbedaan di bagian sistem multimedia. Karena sama-sama telah menggunakan touch screen dan bisa terhubung dengan hp via mirroring.

Mesin dan Performa

Mesin Honda City

Honda City 2022 telah menggunakan Double Over Head Camshaft (DOHC), sebelumnya Single Over Head Camshaft (SOHC). Dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 121 PS @6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm @4300 rpm. Sedangkan untuk Toyota Vios meski juga menggunakan DOHC namun tenaga yang dihasilkan hanya sampai 107 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimal 14.3 Kgm per 4.200 RPM.

Baik Toyota Vios maupun Honda City sama-sama tersedia pilihan transmisi maual 5-speed maupun otomatis jenis CVT. Tidak hanya itu saja, keduanya juga memiliki pilihan mode berkendara Eco yang membuat konsumsi BBM jadi lebih irit.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan untuk Toyota Vios 2022 telah dilengkapi dengan fitur 7-SRS Airbags, 3-Points Seat Belt, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA). Sedangkan untuk fitur keamanan bagian rem telah dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD). Selain itu, Toyota Vios 2022 juga telah mempunyai ASEAN NCAP Safety Rating sebagai sertifikasi tes keamanan.  Fitur ISOFIX dengan Tether Anchor khusus balita yang sesuai dengan standar keamanan internasional.

Sedangkan untuk Honda City 2022 telah dilengkapi ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Seatbelt Reminder Emergency Stop Signal hingga APAR. Untuk kerangka struktur, Honda City telah dirancang menggunakan rangka G-CON + ACETM yang bisa memberikan perlindungan terhadap penumpangnya saat mengalami benturan dari luar. Mengenai sistem pengendali lajunya, pada roda depan Honda City sedan menggunakan ventilated disc dan drum brake di roda belakangnya.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan