Ini Dia Tips Aman Berkendara Saat Bulan Suci Ramadhan

Tips Aman Berkendaara

Tentunya dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk mengemudikan sebuah kendaraan. Namun, puasa membuat pengemudi cenderung lesu dan letih. Akibatnya tubuh dan pikiran menjadi kurang fokus saat mengendarai mobil karena harus menahan rasa lapar dan haus. Hal ini tentu berbahaya karena bisa mengancam keselamatan kamu dan penumpang serta pengendara lainnya. Lantas bagaimana cara agar tetap fokus berkendara meski sedang melaksanakan ibadah puasa?

Berikut ini tips aman berkendara saat berpuasa. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Tips Mengemudi Aman di Masa Pandemi

5 Tips Aman Berkendara Saat Berpuasa

1. Tidur Yang Cukup, Jangan Bergadang

Kebiasaan bergadang adalah salah satu pemicu alasan mengapa orang mudah mengantuk. Agar stamina tetap terjaga, biasakan untuk tidur dibawah jam 10 malam. Dengan begitu, waktu tidurmu akan cukup. Sehingga saat kamu bangun sahur, badanmu akan terasa segar. Hal ini membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas, seperti mengemudi kendaraan.

2. Saat Sahur Usahakan Makan Makanan Yang Bergizi

Makan makanan yang banyak mengandung serat, vitamin, dan protein saat sahur. Jangan berlebihan makan makanan yang mengandung karbohidrat karena bisa menimbulkan rasa kantuk dan perbanyak konsumsi minum air agar kamu tidak dehidrasi.

3. Berolahraga

Meski sedang berpuasa, bukan berarti bebas dari tidak berolahraga. Agar badan tetap fit dan bugar sebaiknya kamu tetap melakukan olahraga yang ringan-ringan saja setelah sahur, seperti jalan pagi. Dengan begitu rasa lesu, lemas, dan letih akan hilang dengan sendirinya. Ketika rutin berolahraga, otomatis kamu akan memiliki energi yang cukup dan kondisi tubuh prima saat mengemudi.

4. Menahan Emosi

Saat kamu mengendarai mobil dan melewati jalanan yang macet, emosi kamu akan meluap. Usahakan untuk menahan emosi, sebab marah bisa membuat kamu semakin lapar. Apalagi emosi yang berlebihan akan menguras banyak energi. Dengan begitu, tubuh akan mudah lemas dan letih.

5. Mengatur Laju Kecepatan

Dalam berkendara, sebaiknya kamu tetap mempertahankan laju mobil yang stabil dan sesuai peraturan batas kecepatan. Meski sudah waktunya buka puasa, hindari mengebut di jalan raya karena bisa membahayakan nyawamu dan tentunya orang lain. Lebih baik kamu berhenti di pinggir jalan dan mencari penjual takjil daripada harus mengebut untuk mengejar waktu.

Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil dengan Aman & Nyaman

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan