Nyeker Saat Mengemudi, Apakah Aman?

Mengemudi mobil tanpa alas kaki atau nyeker

Banyak dari pengemudi yang lebih nyaman mengemudi mobil tanpa menggunakan alas kaki atau nyeker. Alasannya karena mereka bisa langsung merasakan pedal gas, rem, dan kopling. Namun, apakah aman mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki? Mengingat dalam mengemudi mobil manual harus membutuhkan kelincahan dalam memindahkan pedal gas.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana seperti yang dikutip dari Kompas.com mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki sangat berbahaya. Oleh karena itu, Sony lebih menyarankan menggunakan sepatu saat berkendara. Alasannya agar lebih safety. 

Berikut ini bahaya mengendarai mobil tanpa alas kaki:

  • Mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki sangat berbahaya karena akan menimbulkan resiko kaki selip atau terpeleset saat menginjak pedal. Apalagi jika kulit kamu termasuk tipe kulit yang mudah berkeringat.
  • Selain itu, mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki juga bisa menyebabkan resiko cedera pada kuku atau jari kaki. Ditambah lagi jika karpet mobilmu kotor maka bakteri akan dengan mudahnya masuk ke dalam luka dan  menyebabkan infeksi.
  • Tidak hanya itu juga, mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki juga bisa membuat kaki mudah kesemutan karena aliran darah di sekitar jari-jari kaki terganggu sehingga membuat aliran darah menjadi kurang lancar. Hal ini sangat berbahaya, karena bisa menurunkan fokus si pengemudi. Apalagi jika ada kendaraan yang tiba-tiba melaju di depan mobilmu dan kakimu kesemutan maka bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan Tidak Boleh Asal, Perhatikan Hal Ini

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan