Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan Tidak Boleh Asal, Perhatikan Hal Ini

Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan

Cara Mengemudi Mobil Matic – Tahukah kamu bahwa berkendara dengan mobil transmisi otomatis atau mobil matic dengan kondisi medan jalan yang menurun curam itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa cara khusus yang perlu kamu lakukan agar melewati turunan curam tersebut dengan kondisi yang aman.

Berapa cara khusus ini dilakukan karena pada saat mengemudi mobil matik dengan kondisi turunan yang cukup curam dan juga panjang. Akan membuat rem dipaksa untuk bekerja kerasa agar bisa memperlambat laju kecepatan mobil.

Karena hal inilah yang membuat pengemudi wajib mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat berkendara di jalan yang menurun. Dikutip melalui laman resmi gridoto.com, pada saat mengemudi mobil matic, untuk melewati turunan yang curam perlu menggeser tuas transmisi ke gigi terendah.

Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan

Hal ini sangat perlu dilakukan karena di kondisi jalan yang menurun, rem mobil tidak akan kuat untuk menahan sendiri laju mobil. Jika tidak ada bantuan, maka rem bisa menjadi sangat panas dan tentunya performa rem akan menurun. Maka dari itu, perlu bantuan dari rem mesin atau biasa disebut dengan engine brake. Kamu bisa menggunakannya dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi Low (L) atau 1.

Dan yang pasti, untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi Low (L) atau 1 ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan terlebih dahulu bahwa kecepatan mobil berada di bawah 30 km/jam. Dan akan lebih baik proses perpindahan transmisi ini dilakukan ketika mobil dalam kondisi diam.

Dengan memindahkan gigi mobil ke posisi paling rendah, maka akan membantu memperlambat laju mobil karena posisi gigi yang tidak berubah. Dan apabila tuas transmisi matik masih di posisi D, maka mesin mobil tidak bisa menghasilkan engine brake.

Walaupun begitu, cara ini hanya boleh dilakukan pada saat mobil melewati turunan yang cukup curam saja. Apabila tetap dilakukan di kondisi jalan yang datar, maka transmisi akan mengalami masalah dan juga kerusakan.

Dan perlu diingat, ketika sudah melewati turunan hingga kontur jalan sudah datar lagi. Segera lakukan pemindahan transmisi ke posisi D agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan