Hati-Hati, Ini Penyebab Ban Mobil Pecah

Bagi kamu yang sering berpergian dengan mobil, dengan jarak jauh maupun dekat, ada baiknya kamu mengecek kondisi kendaraan. Terutama bagian ban mobil, sebab ban mobil adalah salah satu komponen mobil yang penting karena ban mobil memiliki pengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan.

Perlu kamu ketahui banyak kecelakaan yang disebabkan oleh keadaan ban mobil yang tidak prima. Maka dari itu, jangan kamu abaikan untuk mengecek kondisi ban mobil sebelum berpergian. Bahkan, lebih baik jika kamu melakukan beberapa perawatan untuk ban mobil.

Ketahui Penyebab Ban Mobil Pecah

Ketahui Penyebab Ban Mobil Pecah

Saat ini banyak kecelakaan yang disebabkan oleh ban mobil pecah. Untuk menghindarinya, kamu perlu ketahui apa saja yang dapat menyebabkan ban mobil bisa pecah. Ini dia penyebab-penyebab ban mobil pecah.

  • Tekanan Angin yang Kurang

Ketika kamu ingin berpergian, sebaiknya cek terlebih dahulu tekanan ban mobil. Memang, beberapa orang mengatakan kelebihan tekanan angin pada ban mobil dapat menyebabkan ban pecah. Tapi ternyata justru sebaliknya, sebab saat melewati jalanan bebas hambatan, pergerakan dinding ban menjadi lebih sering. Hal ini akan menyebabkan kawat baja menjadi mudah putus saat ban kekurangan tekanan angin. Gerakan dinding yang sering tersebut membuat mobil menjadi pecah di jalan bebas hambatan.

  • Tambal Ban yang Tidak Benar

Saat ini hampir semua ban mobil memakai ban tubeless. Ketika mengalami ban bocor, untuk menambalnya memakai dengan teknik tusuk atau string tubeless. Jika penambalan ban mobil tidak benar akan hanya membuat lubang bocor semakin besar dan serat baja di konstruksi dalam ban menjadi terputus.

Setelah ditambal, memang ban mobil bisa dipakai kembali untuk berjalan. Namun, dalam jangka waktu lama, kotoran jalanan dan air akan membuat konstruksi serat baja yang berada di dekat lubang tambalan akan mengalami korosi. Hal ini akan membuat ban mobil dengan mudah kehilangan tekanan angin dan kemudian saat di kecepatan yang tinggi ban mobil bisa pecah.

  • Kerikil yang Terjebak di Tapak Ban

Untuk hal ini, pasti Anda pernah melihat beberapa batu kerikil di sela-sela ulir tapak ban. Sekilas memang terlihat biasa saja dan tidak akan menimbulkan dampak yang besar. Namun, untuk jangka waktu yang lama, kerikil atau benda apapun yang menyangkut di ulir ban dapat melukai ban dan akan membuat serat baja dalam ban menjadi korosi.

Itulah, beberapa hal penyebab ban mobil pecah yang jarang diketahui orang. Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu sering-sering untuk mengecek ban mobil kamu. Bahkan, akan lebih baik kamu melakukan perawatan untuk ban mobil, seperti melakukan rotasi ban agar ban mobil mendapatkan tingkat keausan yang sama. Dengan melakukan perawatan, ban mobil kamu akan tetap dalam keadaan prima dan akan mampu berjalan ke manapun.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan