Alarm Mobil Berbunyi Terus? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

alarm mobil berbunyi

Alarm mobil yang error atau berbunyi terus menerus seringkali membuat panik lantaran bunyinya cukup mengganggu pendengaran lingkungan sekitar, apalagi karena tidak ada sebab atau tindak kejahatan. Sejatinya alarm mobil digunakan sebagai salah satu unit keamanan untuk memberikan peringatan atau tanda adanya kejahatan yang terjadi pada mobil kesayangan kamu.

Tak bisa dipungkiri juga, saat ini tindak kejahatan memang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Tidak peduli kamu parkir dimana, bahkan di rumah sekalipun. Tindak kejahatan yang terjadi bisa berupa pencurian, perusakan aksesoris, hingga merampok mobil. Hal ini bisa dicegah dengan beberapa sistem keamanan seperti alarm mobil.

alarm mobil berbunyi

Penyebab Alarm Mobil Berbunyi Terus

Walaupun demikian, alarm mobil juga bisa mengalami masalah. Bisa tidak berfungsi, bahkan error dan berbunyi sendiri terus-menerus. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan seperti itu. Berikut di bawah ini penyebab dan cara memperbaikinya.

Baterai Centre Lock Habis

Baterai centre lock yang sudah habis dapat menyebabkan alarm mobil berbunyi terus menerus. Selain itu, jika baterai centre lock habis  kamu harus membuka pintu mobil secara manual. Sebaiknya, kamu melkukan pengecekan kondisi baterai untuk menghindari dan mencegah terjadinya kondisi seperti ini.  

Sensor Pintu Bermasalah

Sensor pintu bermasalah meningktkan sensitivitas mobil menjadi semakin tinggi. Akibatnya alarm mobil sangat rentan untuk berbunyi terus menerus. Selain itu, saklar lampu yang berada pada pintu mobil juga tidak bisa berfungsi dengan baik dan menyebabkan bunyi padahal tidak ada faktor pemicunya.

Pintu Mobil Kurang Tertutup

Salah satu penyebab yang sering terjadi yaitu pintu mobil kurang atau tidak tertutup akibat kelalaian pemilik atau pengguna mobil tersebut. Hal ini bisa menyebabkan alarm mobil berbunyi terus menerus, sebaiknya cek terlebih dahulu bagian pintu mobil setiap selesai menggunakan untuk menghindari bunyi yang terjadi padahal tidak ada pemicunya. Untuk mencegahnya, setiap selesai menggunakan mobil kamu bisa lebih teliti lagi mengecek pintu mobil.

Komponen Alarm yang Kurang Berkualitas

Terakhir, bisa disebabkan karena komponen alarm yang kurang berkualitas sehingga rentan mengalami kerusakan. Jika hal ini terjdi, sebaiknya kamu harus segera membawanya ke bengkel atau mengganti alarm mobil baru dengan kualitas yang lebih baik.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan