Cara Parkir Mobil di Tanjakan dengan Aman

Cara Parkir Mobil di Tanjakan

Cara Parkir Mobil di Tanjakan – Parkir adalah aktivitas terakhir yang dilakukan oleh pengendara setiap mengemudi. Untuk orang yang masih belajar mengemudi mobil, parkir adalah salah satu hal yang sulit dan membuat takut. Terlebih ketika parkir di kondisi yang sulit seperti tempat sempit atau tanjakan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara ketika ingin parkir di tanjakan. Jangan sampai lengah sehingga mobil dapat berjalan sendiri dan mengakibatkan kerugian pada diri sendiri ataupun orang lain.

Cara Parkir Mobil di Tanjakan

Untuk parkir mobil di tanjakan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, khususnya untuk mobil dengan transmisi matik. Karena pada dasarnya mobil matik sudah menggunakan sistem parkir yang otomatis mengunci sehingga kesempatan untuk mobil mundur sendiri itu kecil. Sedangkan untuk mobil manual tidak memiliki persneling khusus yang digunakan ketika mobil dalam kondisi parkir.

Maka dari itu, ada tindakan tambahan yang dilakukan agar mobil tidak mundur sendiri, salah satunya adalah memasukkan gigi satu ataupun mundur. Cara yang lebih tepatnya adalah dengan mengganjal mobil di bagian belakang ban dengan sebuah balok kayu atau benda lain yang kuat agar bisa menahan mobil.

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar mobil tidak mundur pada saat parkir di tanjakan adalah dengan membelokkan ban ketika posisi parkir. Apabila pada mobil parkir di pinggir jalan trotoar, maka pengemudi wajib membelokkan arah kemudi ke kanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga apabila kinerja rem mobil tidak maksimal atau terjadi masalah pada saat parkir di tanjakan.

Ketika hal tersebut terjadi, mobil tidak akan langsung melorot ke arah bawah karena ban kiri depan bisa menahan beban kendaraan dengan trotoar. Hal ini bisa membantu meringankan kinerja dari rem tangan mobil. Namun, ketika kamu parkir di tanjakan dan kebetulan tidak ada trotoar, maka pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kiri.

Hal Ini dimaksudkan untuk tindakan pencegahan apabila terjadi masalah dengan rem tangan. Apabila posisi kemudi sudah dibelokkan, maka ketika rem tangan tidak berfungsi dengan normal, mobil akan mengarah ke pinggir jalan sehingga tidak membahayakan pengguna jalan lain. Atau kamu juga bisa menggunakan sebilah balok untuk mengganjal ban mobil agar tidak mundur.

Ketika parkir di tanjakan, ada baiknya posisikan tuas transmisi ke netral untuk kendaraan manual. Karena mobil manual ada kecenderungan lompat pada saat mesin dinyalakan ketika memasukkan gigi. Terlebih pada saat parkir di turunan atau tanjakan yang membuat kendaraan lebih rawan bergerak di luar kendali.

Sedangkan untuk mobil dengan transmisi matik, usahakan untuk posisikan tuas transmisi pada posisi P pada saat di tanjakan ataupun turunan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan