Tips Mengemudi Aman di Masa Pandemi

Tips Mengemudi Aman

Tips Mengemudi Aman – Pada 24 juni 2021 kemarin, kasus positif Covid-19 di Indonesia meraih rekor terbaru dengan lebih dari 20 ribu kasus. Di sisi lain, pemerintah Indonesia sudah berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan skala mikro hingga 5 Juli 2021.

Pada PPKM kali ini ada beberapa aturan tentang aktivitas dan mobilitas warga yang kembali diterapkan. Termasuk di dalamnya adalah aturan mengemudi kendaraan pribadi di jalanan. Untuk DKI Jakarta sendiri kapasitas penumpang mobil pribadi dibatasi 50% saja dan bisa ditoleransi hingga 100% apabila penumpang berada di alamat yang sama.

Apabila kamu mengabaikan aturan ini, maka petugas memiliki hak untuk melakukan tindakan seperti memutar balik kendaraan atau menyuruh penumpang untuk menggunakan angkutan alternative lain. Apabila pengemudi dan penumpang terlihat tidak menggunakan masker, maka akan dikenakan sanksi administrative berupa denda ataupun kerja sosial.

Tips Mengemudi Aman di Masa Pandemi

 Dalam kasus yang meningkat ini, perlu adanya keikutsertaan masyarakat dalam memutus mata rantai penularan. Untuk kamu yang sering mengendarai mobil, berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Pastikan Mobil Selalu Bersih

Pastikan bagian-bagian yang sering terkena kontak fisik dengan penghuni kabin untuk selalu dibersihkan. Kamu hanya perlu menyiapkan kain microfiber dan cairan pembersih interior, bersihkan handle pintu, setir mobil, tuas transmisi, dan bagian lainnya yang sering disentuh tangan. Termasuk bagian pintu bagasi yang sering dibuka oleh satpam kantor ataupun mall.

2. Patuhi Aturan Jumlah Penumpang

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk DKI Jakarta sendiri saat ini diberlakukan pembatasan penumpang mobil hingga 50%. Namun ada toleransi 100% apabila seluruh penumpang berdomisili di satu alamat yang sama. Apabila kamu abai, maka petugas berhak untuk melakukan tindakan berupa memutar balikkan kendaraan atau menggunakan angkutan lain.

Dan apabila penumpang ada yang tidak menggunakan masker, maka akan dikenakan sanksi administrative berupa denda atau kerja sosial.

3. Gunakan Masker dengan Benar

Menggunakan masker medis yang benar terbukti ampuh untuk mencegah penularan. Harga masker medis sendiri saat ini sudah lebih terjangkau sehingga kamu bisa menggunakannya ketika mengendarai mobil. Simpan cadangan masker di dalam mobil minimal 2 lembar untuk berjaga-jaga apabila lupa menggunakan masker atau rusak terkena hujan.

4. Jagan Lupa Hand Sanitizer

Jangan pernah mengeluh untuk menjalankan protokol kesehatan, semua ini dilakukan untuk kebaikan bersama. Salah satunya adalah dengan selalu membawa hand sanitizer untuk memastikan tangan mu selalu bersih dan terhindar dari penularan virus.

5. Servis Mobil di Rumah Saja

Aktivitas di luar tentu saja memperbesar risiko tertular virus Covid-19. Sementara itu, kondisi mobil ini wajib dijaga supaya tetap optimal. Untuk itu, bagi pemilik mobil disarankan untuk memanfaatkan layanan servis kendaraan di rumah alias home service.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan