Baca Ini Untuk Mengetahui Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

Menentukan ukuran garasi mobil yang ideal sangat diperlukan oleh pemilik kendaraan. Tujuannya agar kendaraan lebih aman dan awet. Oleh karenanya, sebelum membuat garasi mobil perlu sekali untuk mengetahui berapa standar ukuran parkir kendaraan yang ideal agar pas dengan dimensi kendaraan.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara mengukur lebar garasi mobil yang ideal di rumah.

Baca Juga: Perbedaan Mobil SUV, MPV dan LCGC

Standar Ukuran Parkir Mobil Sesuai Dengan Jenis Mobil

Standar ukuran mobil berbeda-beda tergantung dengan jenis mobilnya. Mobil yang memiliki ukuran dimensi besar, pasti akan membutuhkan lahan parkir yang luas. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini HSR Wheel akan memberikan informasi mengenai standar ukuran parkir mobil sesuai dengan jenis mobilnya.

1. Mobil SUV

Pada umumnya, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) memiliki dimensi panjang 4.9 meter sampai 5.8 meter. Sementara lebarnya biasanya berukuran 1.8 meter sampai 2.1 meter dan tinggi sekitar 1.5 meter sampai 1.8 meter.

2. Mobil Mini dan Sport

Mobil jenis ini biasanya memiliki ukuran dimensi panjang 4.3 meter sampai 4.9 meter, lebar 1.5 meter sampai 1.8 meter, dan tinggi mencapai 1.2 meter hingga 1.5 meter.

3. Mobil Jumbo

Mobil yang berukuran besar tentu membutuhkan lahan parkir yang luas. Biasanya mobil jenis ini memiliki panjang 4.9 meter sampai 5.5 meter, lebar 1.8 meter sampai 1.9 meter, dan tinggi mencapai 1.4 meter sampai 1.5 meter.  Setelah kamu mengetahui ukuran dimensi mobil, kamu juga perlu menghitung batas minimum ruang garasi yang sesuai dengan ukuran mobil.

Batas minimum panjang garasi mobil bisa ditambahkan 100-120 cm dari panjang mobil, untuk lebar mobil bisa ditambahkan 100 cm, dan tinggi dapat ditambahkan 100 cm dari tinggi mobil. Hal ini berguna agar garasi mobil tidak mepet dengan kendaraan kamu.

Rata-Rata Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

Berikut ini rata-rata ukuran garasi mobil yang ideal baik itu ukuran satu mobil maupun dua mobil.

1. Garasi Satu Mobil

Ukuran rata-rata tempat parkir untuk satu mobil biasanya untuk mobil jenis LCGC, city, dan hatchback adalah panjang 4.5 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2 sampai 3 meter. Sementara untuk mobil yang memiliki dimensi lebih besar, ukuran garasi adalah panjang 6 meter, lebar 2.6 meter dan tinggi 3 meter.

2. Garasi Dua Mobil

Apabila kamu memiliki dua mobil, maka ukuran garansi mobil yang ideal sebesar 6 x 6 meter atau 6.5 x 6.5 meter. Ukuran tersebut cukup untuk menampung dua mobil sekaligus tanpa perlu khawatir mobil akan saling bersenggolan atau tergores satu sama lain.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa untuk ukuran garasi mobil berbeda-beda tergantung dengan ukuran dimensi mobilnya. Semakin besar ukuran dimensi mobilnya maka akan semakin besar lahan yang dibutuhkan untuk membuat lahan parkir kendaraan. Selain mengetahui ukuran dimensi mobil, perlu juga untuk mengetahui batas minimum ruang garasi mobil yang sesuai dengan ukuran mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan