Tarif Tol Jagorawi Terbaru 2021

Tarif Tol Jagorawi

Tarif Tol Jagorawi – Untuk kamu yang sering melakukan mobilitas menggunakan mobil pribadi di wilayah Jabodetabek, mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi). Tol yang memiliki panjang 46 kilometer ini adalah tol pertama di Indonesia yang mulai beroperasi pada tahun 1978. Lalu, berapa tarif tol Jagorawi di tahun 2021 ini? Simak ulasannya berikut ini.

Tarif Tol Jagorawi Terbaru

Sebelum tol Jagorawi ini diresmikan pada 9 Maret 1978, Pemerintah Indonesia melalui PP No.4 Tahun 1978 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia mendirikan sebuah perseroan bernama PT Jasa Marga (Persero). Fungsinya adalah untuk mengurus serta mengelola infrastruktur jalan raya. Dan dari situlah lalu tarif jalan tol di Indonesa mulai ditetapkan.

Dan pada 17 Januari 2021 lalu, tarif Tol Jagorawi mengalami perubahan karena adanya beberapa ruas baru seperti jalan tol Layang Cikampek (Japek II Elevated). Dan berikut di bawah ini adalah tarif tol Jagorawi terbaru berdasarkan golongan mobil.

  • Golongan I (sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus) : Rp7.000
  • Golongan II (truk dua gandar) : Rp11.500
  • Golongan III (truk tiga gandar) : Rp11.500
  • Golongan IV (truk empat gandar) : Rp16.000
  • Golongan V (truk lima gandar) : Rp16.000

Dan itu dia tarif tol Jagorawi terbaru yang perlu kamu ketahui, tarif tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi ada baiknya isi e-tol lebih banyak dari daftar tarif di atas. Selain itu juga, tol Jagorawi ini menerapkan sistem pembayaran terbuka. Artinya adalah setiap transaksi cukup dilakukan satu kali di gerbang masuk atau keluar tol saja. Hal ini berlaku sejak 8 Sepetember 2017 silam setelah gerbang tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama ditutup.

Titik Rest Area di Tol Jagorawi

Tol Jagorawi adalah salah satu jalan tol yang tersibuk di Indonesia. Karena ruas ini memang banyak digunakan para pekerja di Jabodetabek untuk mobilitas pulang dan pergi. Karena menjadi salah satu ruas tol tersibuk, maka tak heran apabila jalan tol ini memiliki rest area.

Fasilitas rest area atau tempat istirahat pada Tol Jagorawi sendiri tersebar di beberapa titik, entah itu dari arah Jakarta ataupun Bogor. Untuk arah yang menuju Jakarta sendiri kamu bisa menemukan rest area pada KM 38 (Bogor) dan KM 21 (Gunung Putri). Sedangkan untuk arah sebaliknya, kamu bisa melihat rest area di KM 10 (Cibubur Square), KM 35 (Sentul), dan KM 45 (Ciawi).

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan