Cara Mengatasi Rem Mobil Matic Blong

Rem Mobil Matic Blong

Rem Mobil Matic Blong – Mobil dengan transmisi otomatis saat ini memang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia terkhusus yang tinggal di kota-kota besar. Mengingat di bagian pedal mobil matik ini hanya ada gas dan juga rem saja, tentu saja risiko rem blong bisa terjadi kapan saja dan di mana saja untuk mobil matik.

Cara Mengatasi Rem Mobil Matic Blong

Lalu bagaimana menghadapi mobil matik yang remnya tiba-tiba blong? Dikutip melalui laman resmi Daihatsu, berikut cara mengatasi rem mobil matik blong dengan benar.

1 Jangan Panik

Hal pertama yang harus kamu lakukan pada saat rem mobil matic blong adalah harus tenang dan jangan panik. Ketika kamu mengalami kepanikan, maka pikiran pun akan berantakan dan tidak bisa berpikir dengan jernih. Terlebih ketika sudah membayangkan hal-hal yang mengerikan seperti kecelakaan ataupun lainnya.

2 Nyalakan Hazard & Bunyikan Klakson

Setelah rasa panik bisa kamu atasi, maka segera berikan tanda kepada pengemudi lain dengan menyalakan lampu hazard. Dengan begini kamu juga turut membantu pengendara lain untuk berhati-hati dan menghindari mobil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk membunyikan klakson untuk memberi peringatan kepada kendaraan yang ada di depan kita.

3 Pindahkan Tuas Transmisi

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah berusaha untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Walaupun tidak ada rem, kamu masih bisa melambatkan kecepatan mobil dengan memindahkan tuas transmisi.

Pindahkan transmisi dari D menuju S. Pemindahan transmisi ini akan sedikit membantu untuk mengurangi kecepatan mobil. Namun, hal ini bisa dibilang kurang berhasil apabila posisi mobil sedang di jalan yang menurun.

Cara lainnya adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi L sebagai gigi terendah sehingga laju kendaraan bisa menjadi lebih pelan lagi. Apabila memang kurang berhasil, maka kamu bisa menggunakan opsi lain menggunakan rem parkir.

4 Tarik Tuas Rem Parkir

Penggunaan rem parkir memang tidak diperuntukan untuk kondisi darurat. Terlebih laju kendaraan yang sangat cepat, penggunaan rem tangan tidak disarankan karena mobil bisa terpelanting dan juga berbahaya. Namun, ketika di posisi rem blong, hanya rem parkir saja pilihan terakhir yang bisa kamu gunakan.

Kamu harus menggunakan rem tangan dengan sangat hati-hati dan juga pelan agar mobil tidak terpelanting. Lakukan dengan berkelanjutan atau kontinu sehingga laju kendaraan benar-benar melambar dan bisa berhenti.

5 Bawa ke Bengkel Terdekat

Ketika mobil sudah berhasil untk dikendalikan, kami bisa berhenti dahulu untuk menenagkan diri. Ketika sudah merasa tenang, bawalah mobil ke bengkel terdekat agar dicek dengan ahlinya.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi rem mobil matic blong. Kunci utamanya adalah tenang dan jangan panik, ketika hal tersebut bisa kamu atasi, maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa tidak terjadi. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan