Cara Membersihkan Kaca Film Mobil Sendiri

Cara Mmebersihkan Kaca Film Mobil

Cara Membersihkan Kaca Film Mobil – Salah satu komponen atau bagian mobil yang sering dilupakan untuk hal perawatan adalah kaca film. Ketika sudah terpasang, kebanyakan para pemilik mobil akan melupakan dan cenderung cuek akan bagian ini. Padahal, kaca film mobil juga bisa kotor. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kamu yang memiliki mobil untuk membersihkan kaca film mobil sendiri.

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik mobil untuk merawat kaca film mobil. Untuk mengetahui caranya, silakan simak berikut ini.

Perhatikan Pemasangan Kaca Film Dahulu

Kunci utama awetnya sebuah kaca mobil adalah pada saat pemasangannya. Apabila pemasangan dilakukan dengan baik dan benar, lalu rapi, maka risiko kaca film rusak bisa diminimalisir. Jika pemasangan benar, maka tidak ada gelembung udara antara kaca film dan juga kaca mobil atau pinggirannya. Selain itu, pastikan juga kaca film yang terpasang adalah produk berkualitas dan asli.

Cara Membersihkan Kaca Film Mobil

Ketika ingin membersihkan kaca mobil yang dilapisi oleh kaca film, maka jangan lakukan secara sembarangan atau disamakan seperti membersihkan kaca biasa. Hindari penggunaan glass cleaner yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mobil bagian luar. Hal ini karena glass cleaner memiliki kandungan kimia yang cukup kuat untuk menggerogoti permukaan kaca film.

Apabila kotoran yang menempel hanya sebatas debu, maka cukup gunakan kain microfiber untuk membersihkan kaca film. Lakukan gerakan mengelap searah agar tidak menimbulkan baret. Untuk mengangkat kotoran, bisa menggunakan kanebo dengan air secukupya. Setelah debu terangkat, cukup bersihkan dengan kain microfiber. Pastikan kain dalam kondisi kering agar tidak meninggalkan noda air pada permukaan kaca.

Lalu, bagaimana jika kotoran masih belum terangkat dari kaca film? Cara ampuh dan paling amannya adalah dengan menggunakan shampoo yang memiliki ph balance atau minim dari kandungan kimia berbahaya. Proses pengerjaannya pun sama seperti saat mengangkat kotoran menggunakan air dan juga kanebo. Segera bilas dengan air biasa ketika kotoran sudah terangkat dan keringkan menggunakan kain microfiber.

Periksa juga karet mobil yang ada di kaca mobil, terutama pada jendela yang bisa dinaik-turukan karena memiliki celah untuk kotoran bisa menempel. Segera bersihkan dengan kain microfiber agar tidak merusak kaca film pada saat jendela dioperasikan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan