Rem Mobil Ambles, Ketahui Gejala & Cara Memperbaikinya

Rem Mobil Ambles

Rem mobil ambles adalah salah satu masalah yang ada pada sistem pengereman mobil. Masalah ini dapat Haiser rasakan ketika kamu menginjak pedal rem mobil. Rem yang ambles ini akan mengakibatkan proses pengereman seperti tidak mencengkram. Dan kamu juga perlu tenaga ekstra untuk melakukan pengereman apabila rem mobil kamu ambles.

Apabila hal ini dibiarkan, tentu saja dapat membahayakan keamanan serta kenyamanan ketika berkendara. Bahkan tak jarang, kondisi rem ambles ini dapat menyebabkan sesuatu yang tidak kita inginkan dapat terjadi, seperti kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu untuk menghindarinya, kamu perlu mengetahui gejala rem mobil ambles dan cara mengatasinya.

Tanda Rem Mobil Ambles

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, kamu perlu mengetahui berbagai tanda rem mobil ambles. Dan untungnya, gejala pada permasalahan ini cukup mudah diketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

1 . Pedal Rem Sulit Diinjak

Gejala pertama dari rem mobil ambles adalah adanya perubahan pada pedal rem mobil kamu. Rem mobil akan sulit untuk diinjak, pedal rem yang tidak mencengkram, hingga kasus yang paling parah kamu perlu menginjak rem dalam0dalam agar rem dapat bekerja.

Apabila hal ini terjadi, kemungkinan penyebabnya ada pada minyak rem. Minyak rem terhisap udara yang masuk ke dalam saluran. Dan hasilnya tekanan dorong yang ada pada piston kaliper rem menjadi tidak maksimal. Namun, apabila pedal rem terasa sangat sulit sekali diinjak, maka kamu perlu memeriksakan bagian master silinder rem ke bengkel kepercayaan kamu.

2 . Pedal Rem Seperti Blong

Apabila kamu cukup kesulitan menginjak pedal rem walaupun sudah sampai di bagian akhir, maka besar kemungkinan rem mobil ambles. Masalah seperti ini biasa disebabkan karena adanya kerusakan master silinder rem. Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kerusakan master silinder ini?

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Lalu lepaskan silinder dari booster rem, apabila master silinder sudah terlepas, periksa dinding bagian dalam master silinder. Komponen lain yang wajib kamu periksa juga adalah seal piston yang ada di dalam master silinder. Ketika sudah terdeteksi kerusaka, maka segera lakukan perbaikan atau pun penggantian.

Cara Mengatasi Rem Mobil Ambles

Setelah mengetahui gejala rem yang ambles, maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya. Berikut langkah yang perlu kamu ambil.

1 . Lakukan Pemeriksaan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa komponen yang ada pada sistem pengereman mobil kmau. Untuk rem mobil ambles, kamu bisa memulai untuk memeriksa piston kaliper rem apakah ada kebocoran atau tidak. Selain itu kamu juga bisa melakukan pengecekan pada bagian dinding dalam silinder rem. Apabila kamu sudah melepaskan master silinder dari booster rem, maka periksa juga komponen karet seal piston di dalamnya.

2 . Lakukan Bleeding Rem

Apabila kamu berhasil menemukan kebocoran pada saluran piston kaliper rem, maka langkah pertama yang bisa kamu lakkan adalah bleeding. Bleeding adalah proses pengeluaran gelembung udara yang terjebak di dalam sistem pengereman. Sebelumnya, lepaskan dahulu kaliper rem dari dudukannya. Setelah itu, ganti selang rem yang bocor dan kemudian kamu bisa melakukan bleeding.

3 . Perbaiki Master Silinder

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki rem ambles adalah dengan melakukan perbaikan pada master silinder rem. Pertama, lepaskan master silinder dari booster rem. Kemudian amplas dinding bagian dalam master silinder dengan amplas bernomor 1000. Terakhir, ganti karet seal piston yang ada pada master silinder. Kamu bisa menggunakan repair kit untuk melakukan proses penggantian ini.

Dan itu dia gejala dan cara memperbaiki rem mobil ambles yang perlu kamu ketahui. Rawat kondisi mobil kamu dengan melakukan perawatan secara rutin di bengkel kepercayaan kamu. Hal tersebut guna menghindari beberapa masalah seperti rem ambles dan masalah lainnya dapat terjadi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan