Fungsi Black Box Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Fungsi Black Box Mobil

Fungsi Black Box Mobil – Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, setiap pesawat terbang saat ini pasti memiliki perangkat yang bernama black box. Black box ini berfungsi sebagai alat perekam data yang ada pada pesawat, data yang direkam salah satunya adalah data percakapan antara pilot dan co-pilot selama penerbangan sedang berlangsung.

Hadirnya black box ini tentu saja sangat membantu sekali tim investigasi yang ada apabila pesawat mengalami sebuah kecelakaan. Namun, saat ini tidak hanya pesawat saja yang disematkan sebuah black box. Kini untuk beberapa model mobil juga sudah disematkan perangkat yang fungsi dan kegunaannya mirip dengan black box yang ada pada pesawat.

Walaupun memiliki fungsi dan kegunaan yang mirip seperti black box, namun alat ini disebut sebagai Event Data Reader (EDR). Dilansir melalui laman Liputan6.com yang mengutip dari NHTSA.gov, EDR ini mengacu pada sebuah perangkat yang dipasangkan pada kendaraan bermotor untuk merekam data dan informasi teknis kendaraan dan juga penumpang dalam jangka waktu singkat (detik, bukan menit) sebelum, selama, dan juga setelah kecelakaan terjadi.

Fungsi Black Box Mobil

Perlu kamu ketahui, EDR ini dapat merekam beberapa data pada kendaraan. Diantaranya adalah :

  1. Merekam dinamika kendaraan dan juga status sistem sebelum kecelakaan terjadi.
  2. Merekam masukkan pengemudi.
  3. Merekam double hand vehicle collision.
  4. Merekam pembatasan status penggunaan atau penerapan.
  5. Merekam data pasca-tabrakan secara otomatis.

Hal di atas disampaikan oleh NHTSA pada laman resminya.

Tidak seperti black box yang ada pada sebuah pesawat, black box pada mobil ini memiliki ukuran dan dimensi yang lebih kecil, dan berbentuk sebuah chip. Bentuknya yang kecil ini membuatnya ditempatkan di salah satu cluster sistem kelistrikan mobil.

Dengan adanya ERD pada mobil ini, maka tidak hanya dapat ‘merekan’ tentang beberapa informasi saja, namun bisa lebih jauh lagi karena dapat dimanfaatkan untuk membantu menegakkan hokum, serta memahami segala aspek spesifik dari sebuah kecelakaan.

Namun, untuk menganalisa kecelakaan melalui EDR ini prosesnya tidaklah mudah. Petugas perlu mengekstrak data dari perangkat yang nantinya akan diproses dengan metode khusus untuk menerjemahkan data di dalamnya.

Mobil yang sudah disematkan EDR ini juga membantu NHTSA untuk mengungkapkan kecelakaan. Masih dari laman tersebut, EDR juga digunakan untuk mendukung program investigasi kecelakaan selama beberapa tahun. Untuk tetap menjaga perangkat ini agar selalu update, maka EDR ini secara rutin dimasukkan ke dalam database milik NHTSA.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan