4 Hal Yang Harus Kamu Periksa Sebelum Spooring

hal yang harus diperiksa sebelum spooring

Spooring merupakan kegiatan mengembalikan roda-roda mobil ke posisi semula seperti bawaan pabrik. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap 3-4 bulan sekali atau setelah menempuh jarak 15.000 km. Manfaar melakukan spooring adalah membuat performa mobil menjadi lebih stabil sehingga perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Namun sebelum melakukan kegiatan spooring, kamu wajib memeriksa beberapa hal. Diantaranya kondisi ban mobil, tingkat kemiringan bodi mobil, kelonggaran ball joint, dan kelonggaran tie roda. Agar lebih jelas, simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: 9 Tanda Mobil Perlu di Spooring

4 Hal Yang Harus Diperiksa Sebelum Spooring

Spooring merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Namun, sebelum melakukannya, kamu wajib melakukan memperhatikan 4 hal, yakni kondisi ban mobil, tingkat kemiringan bodi mobil, kelonggaran ball joint, dan kelonggaran tie roda. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya!

1. Kondisi Ban Mobil

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan spooring adalah dengan memeriksa kondisi ban mobil. Ban mobil yang kekurang tekanan angin akan membuat mobil menjadi miring ke salah satu sisi yang memiliki tekanan angin rendah.

Selain itu, ban mobil yang aus hanya pada bagian depan atau belakang saja akan mengakibatkan mobil menarik ke satu arah. Meskipun nilai spooring sudah diset ke nilai standar.

2. Tingkat Kemiringan Bodi Mobil

Selain mengecek kondisi  ban mobil, kamu juga perlu memperhatikan tinggi kendaraan. Usahan untuk tidak miring ke salah satu arah. Pada beberapa mobil, tinggi mobil diukur dari jarak baut lower arm ke lantai. Pastikan sisi kiri dan kanan mobil memiliki ketinggian yang sama atau hampir sama.

3. Kelonggaran Ball Joint

Ketika mobil kamu akan melakukan kegiatan spooring, geometri roda akan disesuaikan dengan nilai standar. Namun, ketika menemukan ada kelonggaran pada ball joint, maka akan sulit untuk menyetel ke nilai standar. Sehingga apabila kamu menemukan hal tersebut, sangat disarankan untuk menunda spooring sampai ball joint diganti terlebih dahulu.

4. Kelonggoran Tie Roda

Hal terakhir yang harus perhatikan saat melakukan spooring adalah memperhatikan kelonggaran tie roda. Toe merupakan selisih jarak antara sisi depan roda depan dan sisi belakang roda depan apabila dilihat dari atas mobil. Cara menyetelnya adalah dengan mengatur panjang tie rod. Ketika tie rod mengalami kelonggaran, nilai toe tidak dapat diset ke nilai standar.

Nah itu dia 4 hal yang harus diperiksa sebelum melakukan kegiatan spooring. Buat kamu yang ingin melakukan kegiataan spooring maupun balancing, kamu bisa datang ke diler HSR Wheel terdekat di kota kamu.

Baca Juga: Tempat Spooring Balancing Terdekat

Dicamber Voucher Diskon Velg Mobil

Diskon Velg HSR Wheel
Diskon Velg HSR Wheel

Menyambut Natal dan Tahun Baru, HSR Wheel akan memberikan diskon senilai 10 persen bagi kamu yang membeli 1 set velg HSR Wheel baik melalui marketplace atau datang langsung ke diler HSR. Promo ini berlangsung dari tanggal 15-25 Desember 2022. Jadi, buruan klaim voucher kami dan buat mobil kamu agar terlihat lebih gahar. Informasi lebih lanjut, hubungi customer kami di bawah ini.

Chat Disini

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan