Tips Otomotif

Dua Kebiasaan Buruk Penyebab Retak Halus pada Ban

Penyebab Retak Halus pada Ban – Ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan bermotor khususnya mobil. Kondisi ban mobil itu sendiri sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, kondisi ban mobil yang baik tentu akan meningkatkan performa mobil itu sendiri. Ban mobil merupakan komponen penunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Pentingnya memerhatikan kondisi ban adalah karena hanya ban satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan.

Salah satu kondisi atau permasalahan yang sering terjadi pada ban yang jarang diperhatikan adalah munculnya retak halus pada dinding ban mobil. Kondisi dinding ban yang retak halus ini memang tidak secara langsung membuat ban mobil rusak.

Penyebab Retak Halus di Dinding Ban

Namun kondisi retak halus pada ban mobil juga menandakan adanya hal yang tidak beres. Dilansir melalui Gridoto, setidaknya ada dua penyebab terjadinya retak halus pada dinding ban mobil. Untuk mengetahui selengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini.

1 Tekanan Angin Ban Mobil Kurang

Penyebab pertama dari munculnya retak halus pada dinding ban adalah karena tekanan angin ban yang dibiarkan saja walaupun berkurang. Ketika tekanan angin ban mobil dibiarkan saja dalam kondisi yang berkurang maka akan membuat dinding ban menopang bobot mobil yang jauh lebih berat. Dan hasilnya dinding ban akan sedikit terlipat (kempis) dan memunculkan retak halus.

2 Penggunaan Pengilap Ban

Biasanya ketika sehabis mencuci mobil di rumah atau melalui tempat cuci mobil bagian dinding ban akan diolesi dengan pengilap ban. Cairan pengilap ban ini biasanya diproduksi dari bahan silicone based, dan bahan inilah yang membuat retak halus pada dinding ban muncul.

Ketika cairan pengilap dibaluri ke bangian dinding ban, maka tingkat elastisitas karet akan terkena dampak yang cukup besar. Dan pada saat cairan pengilap ini digunakan dalam waktu yang lama, maka retak halus pada dinding ban mobil akan muncul saat itu juga.

Beli Ban Mobil Baru

Ketika kondisi ban mobil sudah lebih parah dari hanya sekadar muncul retak halus, maka ada baiknya segera lakukan penggantian ban mobil dengan yang baru. Kasus seperti ban aus dan ban gundul adalah kondisi yang sering diabaikan oleh pemilik kendaraan. Padahal masalah ini bisa dibilang cukup parah karena menyangkut keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Ada baiknya ketika menemui kasus ban aus hingga ban gundul pada mobil kesayangan, wajib segera lakukan penggantian ban mobil baru. Pilihlah toko ban mobil terdekat yang memiliki kualitas dan juga pelayanan yang baik dimata konsumennya.

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia sekaligus distributor ban mobil terbaik di Indonesia. Dengan 80+ dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia, maka HSR Wheel dapat menjangkau semua konsumen hingga ke pelosok negeri. Artinya, pelayanan dalam hal aftersales milik HSR Wheel sangat berkompeten dan juga terpercaya.

Ban mobil yang dijual oleh HSR Wheel pun sangat berkualitas, diantaranya ada Accelera, Forceum, Zeetex, dan Yokohama yang dimana sudah berstandar nasional dan juga internasional. Untuk harga ban mobil yang dijual oleh seluruh dealer HSR Wheel pun cukup terjangkau. Bahkan, kamu bisa mendapatkan benefit FREE MAINTENANCE dengan masa berlaku SELAMANYA.

Segera datang ke salah satu dealer resmi HSR Wheel yang ada di kotamu, kamu juga bisa mengunjungi laman resmi HSR Wheel Store untuk mengetahui nama dan alamat toko ban mobil terdekat di kotamu. Atau hubungi Customer Service HSR Wheel untuk melakukan konsultasi secara GRATIS di bawah ini.

CS HSR Wheel

Artikel Terbaru

8 Mobil MPV Terlaris di Indonesia Mei 2022

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan mobil yang paling diminati oleh pembeli di Indonesia dan… Selengkapnya

6 Agustus 2022

Modifikasi Audio Mobil, Apakah Membuat Konsumsi BBM Lebih Boros?

Modifikasi mobil merupakan hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan baik modifikasi velg mobilnya saja… Selengkapnya

5 Agustus 2022

BMW X4 2022 Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasinya!

Perusahaan otomotif asal Jerman BMW, baru saja meluncurkan X3 M Competition X4 M Competition dengan… Selengkapnya

4 Agustus 2022

HSR Wheel Kembali Hadir Memeriahkan GIIAS 2022

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013 dan telah… Selengkapnya

4 Agustus 2022

5 Cara Merawat Sliding Door Mobil Yang Benar

Sliding door atau pintu geser merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk… Selengkapnya

3 Agustus 2022

Daftar Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2022

Segmen mobil listrik sedang berkembang di Tanah Air karena lahirnya bentuk-bentuk model baru. Salah satunya,… Selengkapnya

2 Agustus 2022