Dua Kebiasaan Buruk Penyebab Retak Halus pada Ban

Penyebab Retak Halus pada Ban

Penyebab Retak Halus pada Ban – Ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan bermotor khususnya mobil. Kondisi ban mobil itu sendiri sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, kondisi ban mobil yang baik tentu akan meningkatkan performa mobil itu sendiri. Ban mobil merupakan komponen penunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Pentingnya memerhatikan kondisi ban adalah karena hanya ban satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan.

Salah satu kondisi atau permasalahan yang sering terjadi pada ban yang jarang diperhatikan adalah munculnya retak halus pada dinding ban mobil. Kondisi dinding ban yang retak halus ini memang tidak secara langsung membuat ban mobil rusak.

Penyebab Retak Halus di Dinding Ban

Namun kondisi retak halus pada ban mobil juga menandakan adanya hal yang tidak beres. Dilansir melalui Gridoto, setidaknya ada dua penyebab terjadinya retak halus pada dinding ban mobil. Untuk mengetahui selengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini.

1 Tekanan Angin Ban Mobil Kurang

Penyebab pertama dari munculnya retak halus pada dinding ban adalah karena tekanan angin ban yang dibiarkan saja walaupun berkurang. Ketika tekanan angin ban mobil dibiarkan saja dalam kondisi yang berkurang maka akan membuat dinding ban menopang bobot mobil yang jauh lebih berat. Dan hasilnya dinding ban akan sedikit terlipat (kempis) dan memunculkan retak halus.

2 Penggunaan Pengilap Ban

Biasanya ketika sehabis mencuci mobil di rumah atau melalui tempat cuci mobil bagian dinding ban akan diolesi dengan pengilap ban. Cairan pengilap ban ini biasanya diproduksi dari bahan silicone based, dan bahan inilah yang membuat retak halus pada dinding ban muncul.

Ketika cairan pengilap dibaluri ke bangian dinding ban, maka tingkat elastisitas karet akan terkena dampak yang cukup besar. Dan pada saat cairan pengilap ini digunakan dalam waktu yang lama, maka retak halus pada dinding ban mobil akan muncul saat itu juga.

Beli Ban Mobil Baru

Ketika kondisi ban mobil sudah lebih parah dari hanya sekadar muncul retak halus, maka ada baiknya segera lakukan penggantian ban mobil dengan yang baru. Kasus seperti ban aus dan ban gundul adalah kondisi yang sering diabaikan oleh pemilik kendaraan. Padahal masalah ini bisa dibilang cukup parah karena menyangkut keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Ada baiknya ketika menemui kasus ban aus hingga ban gundul pada mobil kesayangan, wajib segera lakukan penggantian ban mobil baru. Pilihlah toko ban mobil terdekat yang memiliki kualitas dan juga pelayanan yang baik dimata konsumennya.

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia sekaligus distributor ban mobil terbaik di Indonesia. Dengan 80+ dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia, maka HSR Wheel dapat menjangkau semua konsumen hingga ke pelosok negeri. Artinya, pelayanan dalam hal aftersales milik HSR Wheel sangat berkompeten dan juga terpercaya.

Ban mobil yang dijual oleh HSR Wheel pun sangat berkualitas, diantaranya ada Accelera, Forceum, Zeetex, dan Yokohama yang dimana sudah berstandar nasional dan juga internasional. Untuk harga ban mobil yang dijual oleh seluruh dealer HSR Wheel pun cukup terjangkau. Bahkan, kamu bisa mendapatkan benefit FREE MAINTENANCE dengan masa berlaku SELAMANYA.

Segera datang ke salah satu dealer resmi HSR Wheel yang ada di kotamu, kamu juga bisa mengunjungi laman resmi HSR Wheel Store untuk mengetahui nama dan alamat toko ban mobil terdekat di kotamu. Atau hubungi Customer Service HSR Wheel untuk melakukan konsultasi secara GRATIS di bawah ini.

CS HSR Wheel
CS HSR Wheel

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan