Tips Otomotif

Lampu Mobil Redup Saat Mau Mudik? Ini Dia Tips Mudik Aman

Lampu Mobil – Sebentar lagi musim mudik lebaran akan tiba. Biasanya setiap musim lebaran, banyak orang perantauan mudik ke kampung halaman masing-masing baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Sebelum kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sebaiknya, kamu harus mengecek seluruh kondisi mobil terutama di bagian lampu.

Lampu mobil redup akan membuat pengemudi kesulitan untuk mengendarainya terutama pada malam hari. Konsentrasi pengemudi akan terganggu karena kekurangan cahaya yang meneranginya saat perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa menabrak kendaraan lain yang ada di depanmu karena kurangnya pencahayaan.

Dengan demikian, penting sekali untuk mengecek lampu mobil terutama bagian depan sebelum kamu mudik agar mudikmu aman. Hindari mudik dengan kondisi lampu mobil yang redup. Karena, bukan hanya berbahaya untuk diri sendiri tapi kondisi ini juga dapat mencelakakan kendaraan lain. Berikut ini penyebab lampu mobil redup. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Lampu Mobil Juga Ada Aturan & Bahayanya

Penyebab Lampu Mobil Redup

Lampu mobil redup dapat disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya karena rusaknya relay lampu mobil. Kenapa rusaknya relay lampu mobil bisa membuat lampu mobil menjadi redup? Ingin tahu jawaban lebih jelas dan lengkap. Simak tulisan di bawah ini!

1. Relay Pada Lampu Mobil Rusak

Relay merupakan penghubung bagi arus listrik utama dari baterai langsung masuk ke lampu. Fungsi relay untuk mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke lampu mobil atau komponen listrik yang lainnya. Dengan menggunakan relay, maka lampu mobil akan menyala terang dan mengakibatkan saklar mobil menjadi lebih bertahan lama.

Hal ini disebabkan karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, akan tetapi melalui relay lampu mobil. Namun, jika kontak di dalam relay lampu longgar maka arus listrik utama yang biasa melalui saklar lampu mobil kini harus mengalir melalui relay lampu mobil itu sendiri dan menyebabkan lampu redup.

Baca Juga: 5 Penyebab Relay Lampu Mobil Panas

2. Aki Mobil Melemah

Aki mobil yang melemah otomatis akan membuat tegangan juga ikut melemah. Hal ini lah yang membuat kinerja beberapa komponen mobil menjadi kurang maksimal. Salah satunya akan mempengaruhi performa kinerja lampu mobil.

3. Kualitas Bohlam Lampu Yang Kurang Bagus

Gunakan bohlam lampu yang memiliki ukuran watt yang sesuai ukuran standarisasi pabrik. Jangan terlalu tinggi wattnya karena akan membuat komponen sekitar lampu menjadi panas dan jangan terlalu kecil karena akan membuat lampu redup. Jadi, sesuaikan saja dengan ukuran watt yang sesuai standar mobil.

Gunakanlah lampu bohlam yang berkualitas, seperti, Osram, Phillips, Bosch. Jangan pernah terkecoh dengan harga yang murah.

4. Songket Lampu dan Kabel Sudah Longgar

Penyebab lampu redup disebabkan karena kabel dan songket lampu sudah longgar. Hal ini akan berdampak menurunkan tegangan yang masuk ke lampu. Akibatnya, cahaya lampu menjadi kurang maksimal atau redup.

5. Reflektor Lampu Mobil Sudah Kusam

Kusamnya reflektor juga bisa menyebabkan cahaya lampu mobil menjadi redup. Reflektor itu sendiri berfungsi agar pancaran pada lampu mobil menyebar. Nah, saat reflektor lampu mobilmu sudah kotor atau berkarat maka kotoran tersebut akan menghalangi pantulan cahaya. Sehingga pantulan yang kamu terima sedikit.

Setelah kamu mengetahui penyebab lampu mobil redup, maka HSR Wheel akan membagikan tips memilih lampu mobil agar mudik aman dalam perjalanan.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Mika Lampu Mobil Tetap Bening

Tips Memilih Lampu Mobil Agar Mudik Aman Dalam Perjalanan

Agar mudikmu menyenangkan dan aman sampai tujuan maka kamu harus mengecek lampu mobilmu. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu periksa.

  • Cek lampu depan mobilmu. Apabila sudah kotor atau menghitam, sebaiknya ganti saja.
  • Apabila lampu konvensional mobilmu masih menggunakan bohlam maka pastikan lampu dekat, fog lam, lampu sein, lampu mundur, lampu rem, dan lampu jauh tetap menyala. Jangan sampai ada yang terputus.
  • Teliti juga lampu kabin pada mobilmu karena dapat membantu pengemudi mengambil barang-barang saat kondisi gelap.
  • Cek juga kondisi saklar mobil satu per satu. Jangan sampai ada yang terputus atau tidak berfungsi karena jika itu terjadi maka lampu mobil akan mati.

Sebelum mudik sebaiknya kamu melakukan service mobil terlebih dahulu agar perjalananmu aman. Jangan lupa cek kondisi lampu mobilmu karena itu hal yang penting saat kamu ingin melakukan perjalanan jauh. Nah itu dia tips mudik aman dengan menggunakan lampu mobil yang berkualitas.

Baca Juga: Ganti Lampu Mobil Jangan Asal, Korsleting Mengintai Anda

Artikel Terbaru

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022

Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk… Selengkapnya

4 Juli 2022

Ini Dia 4 Varian Mobil Tesla di Indonesia

Tesla merupakan salah satu perusahaan otomotif yang mengalami perkembangan paling pesat. Meski berdiri pada tahun… Selengkapnya

1 Juli 2022