Indikator Aki Menyala, Ketahui Penyebabnya

Bila indikator aki menyala saat mesin mobil hidup, itu tandanya terjadi suatu masalah pada sistem pengisian daya aki kendaraan. Hal tersebut tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kondisi mobil kamu. Namun, tidak sedikit dari pengendara yang tidak mengetahui mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Penyebab Indikator Aki Menyala

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan indikator aki menyala secara terus-menerus. Berikut ini penjelasannya.

Soket Altenator

Soket Altenator

Nah, salah satu penyebab indikator aki menyala, yakni karena soket altenator tersebut kendur. Hal ini pun menyebabkan arus listrik yang mengalir ke rotor coil juga ikut terputus. Selain itu, sistem kemagnetan pada rotor coil juga ikut terhenti. Hal ini akan berimbas kepada gulungan stator sehingga tidak dapat menghasilkan listrik.

Carbon Brush atau Rotor Slip Rings

Carbon Brush atau Rotor Slip Rings

Selain soket altenator, indikator aki hidup bisa juga disebabkan karena carbon brush habis. Hal lain juga bisa disebabkan karena rotor slip rings sudah mulai aus dan kasar. Dengan demikian, hal ini akan membuat hubungan antara carbon brush dengan slip rings menjadi terganggu.

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Indikator Aki Terus Hidup?

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus memeriksa kondisi carbon brush atau slip ring pada dinamo altenator mobil kamu. Nah, apabila kedua komponen tersebut kondisinya sudah habis atau pun rusak, maka kamu perlu untuk menggantinya. Sebab, hal ini dapat merusak komponen aki dan juga memungkinkan mesin mobil tiba-tiba mati saat dalam perjalanan.

Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan dari segi intensitas nyala lampu saat kamu sedang mengemudi pada malam hari. Pada dasarnya, indikator aki memang tidak berpengaruh terhadap tegangan pengisian aki. Namun jika indikator aki hidup terus disertai dengan meredupnya nyala lampu besar (headlamps) saat mesin sedang hidup, hal itu menandakan sistem pengisian aki sedang mengalami masalah.

Bila hal tersebut terjadi, maka kamu bisa langsung membawa mobil kamu ke bengkel terdekat. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui lebih jelas mengenai penyebab dari indikator aki yang terus hidup tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan