Spare Part Mobil: Jenis, Manfaat, dan Tips Memilihnya!

komponen spare part mobil

Mengganti beberapa komponen spare part mobil merupakan salah satu kunci utama agar performa mobil tetap stabil. Sebab apabila ada salah satu komponen spare part mengalami kerusakan atau aus akan membuat kinerja mesin menurun yang membuat mobil tiba-tiba mogok atau bahkan berdampak lebih parah.

Hal ini tentu sangat berbahaya untuk keselamatan pengemudi. Contohnya apabila oli mobil sudah habis akibatnya oli tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga bisa membuat mesin mengalami overheating. Agar lebih jelas mengenai apa itu spare part mobil dan bagaimana tips memilihnya. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Spare Part Mobil Palsu, Bagaimana Membedakannya?

Pengertian Spare Part Mobil

Spare part mobil atau suku cadang adalah suatu barang yang terdiri dari berbagai komponen dalam satu kesatuan tertentu dan fungsi tertentu. Spare part terdiri dari berbagai jenis komponen yang bisa membantu performa mobil. Komponen ini dipakai oleh semua jenis kendaraan. Contohnya oli, kampas rem, aki, dan lain sebagainya.

Setiap komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda namun ada beberapa komponen spare part yang saling berhubungan antara satu spare part dengan spart part lainnya. Oleh karenanya, selalu pastikan tidak ada salah satu spare part yang tidak berfungsi agar tidak menganggu komponen spare part lainnya.

3 Jenis Spare Part Mobil

Sebelum membahas komponen spare part mobil, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis spare part mobil. Ada 3 jenis spare part mobil yang bisa kamu beli di pasar, yaitu original, KW, dan aftermarket. Agar lebih jelas, simak ulasan di bawah ini:

1. Original

Spare part original
Spare part original

Spare part jenis original merupakan spare part bawaan dari perusahaan aslinya. Spare original sering disebut sebagai OEM (Original Equipment Manufacturer). Jenis ini biasanya memiliki kualitas yang bagus, kuat, aman, tahan lama, ada garansi resmi, dan enteng.

Sehingga bagus digunakan untuk setiap kendaraan karena berasal dari pihak manufaktur asal atau perusahaan lain yang ditunjuk oleh pihak manufaktur. Namun untuk harganya, biasanya akan lebih mahal daripada spare part aftermarket maupun KW. Bagi kamu yang ingin membeli jenis spare part original, kamu bisa dapatkan di bengkel resmi atau dealer terdekat.

2. Aftermarket

Spare part aftermarket

Bagi kamu yang ingin modifikasi mobil, kamu bisa menggunakan spare part aftermarket. Sebab spare part ini biasanya diproduksi untuk keperluan hobi, serta modifikasi mobil, custom, dan lain sebagainya. Namun, bisa juga untuk kegiatan sehari-hari.

Jenis spare part ini memiliki harga yang lebih murah daripada spare part original. Sehingga bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengganti spare part mobil setiap tahunnya. Untuk kualitasnya, jenis spare part aftermarket tidak jauh berbeda dengan spare part asli.

Bahkan ada juga yang lebih bagus daripada spare part original. Bagi kamu yang membelinya, kamu bisa membeli di toko cabang HSR Wheel. Sebab kualitas spare part after HSR Wheel telah diuji coba secara SNI, JWL, maupun VIA. Sehingga kamu tidak perlu ragu untuk membelinya.

3. KW

KW

Jenis spare part selanjutnya adalah KW atau barang tiruan dari spare part original. Sehingga harganya jauh lebih murah dari spare part original maupun aftermarket. Namun, tidak disarankan untuk menggunakannya sebab bisa membahayakan nyawa pengemudi maupun penumpang.

Dalam menentukan kualitasnya, spare part KW memiliki tingkat, seperti KW 1 atau super, KW 2, dan seterusnya. Produk-produk spare part mobil dengan kualitas KW ini mudah kamu temukan di bengkel atau toko spare part terdekat dari kota Anda, bukan dari bengkel resmi.

5 Komponen Spare Part Mobil

Setelah kamu memahami jenis-jenis spare part mobil, berikut ini 7 komponen spare part mobil yang wajib kamu perhatikan.

1. Oli Mesin

Oli Mesin

Komponen ini merupakan salah satu komponen penting yang wajib diganti saat service. Sebab usia komponen ini sangat singkat dan memiliki peran penting dalam melumasi bagian dalam mesin mobil agar bisa bekerja secara maksimal.

Apabila komponen ini tidak berfungsi, otomatis bagian dalam mesin akan tidak dapat bekerja secara stabil dan akan terjadi gesekan antar komponen. Hal ini tentu sangat berbahaya untuk keselamatan pengemudi. Oleh karenanya, perlu sekali untuk menggantinya terutama jika mobil kamu sering dipakai maka akan mengakibatkan kerja oli mesin dengan filter oli menjadi lebih berat.

Selain itu kerja oli mesin juga akan mudah terkuras ketika mobil kamu sering digunakan pada jalanan yang macet sebab mobil akan berhenti dan melaju dengan tiba-tiba. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer.

2. Busi Mesin

Busi Mesin

Salah satu komponen spare part mobil yang penting lainnya adalah busi mesin. Komponen ini merupakan salah satu komponen spare part yang berbentuk mungil. Namun memiliki pengaruh besar dalam menopang kinerja mobil.

Sebab jika komponen ini rusak akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena pembakaran di dalam mesin tidak terjadi secara sempurna. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengganti busi mesin setiap 20.000 kilometer.

3. Aki Mobil

aki mobil

Suku cadangan yang satu ini tidak kalah penting dengan suku cadangan di atas. Aki mobil memiliki peran penting dalam menjaga kinerja mesin mobil. Fungsi aki mobil adalah untuk menyuplai energi ke starter mesin. Sehingga apabila aki mobil bermasalah akan membuat mobil sulit untuk di starter.

Tanda-tanda apabila aki mobil sudah ingin diganti adalah dengan bunyi klakson yang tidak nyaring, lampu indikator yang melemah atau tidak menyala dan paling parah mesin tidak menyala. Apabila kamu menjumpai tanda-tanda tersebut segera ganti dengan aki yang baru agar kinerja mobil stabil kembali.

4. Kampas Rem

Kampas Rem

Spare part mobil yang selanjutnya adalah kampas rem. Spare part mobil ini memiliki fungsi untuk membuat sistem pengereman lebih mudah. Sehingga apabila komponen ini rusak akan menggangu kinerja rem mobil dan tentu hal ini sangat berbahaya untuk keselamatan pengendara.

Sering-seringlah untuk mengecek kampas rem, agar bisa mengetahui kondisi kampas rem dan saat kampas rem sudah macet, segeralah ganti dengan yang baru. Cara mengecek ketebalan suku cadangan kampas rem bisa dengan menginjak pedal rem dan pijakannya lebih dalam, maka kampas rem terdeteksi sudah habis.

Baca Juga: Ciri Kampas Rem Mobil Habis & Dampaknya

5. Filter AC Mobil

Filter AC Mobil

Suku cadangan selanjutnya adalah Filter AC mobil. Filter AC mobil merupakan komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem AC mobil. Sehingga udara yang ditiupkan oleh AC menjadi bersih dan segar. Filter ini akan menangkap debu, serbuk sari, kotoran, dan partikel kecil lainnya yang dapat membahayakan kesehatan pengemudi dan penumpang mobil. Selain itu, filter AC mobil juga membantu menjaga performa AC mobil agar tetap optimal.

Baca Juga: 3 Jenis Filter Udara Mobil Beserta Harganya

Manfaat Service Spare Part Mobil

Manfaat Service Spare Part Mobil

Service spare part mobil sangat penting untuk menjaga mobil tetap berfungsi dengan baik dan memperpanjang usia pakai mobil. Beberapa manfaat service spare part mobil adalah:

  1. Mencegah kerusakan pada mobil. Dengan service spare part mobil secara berkala, maka dapat terdeteksi kerusakan pada mobil sejak dini sehingga dapat ditangani sebelum menjadi lebih parah.
  2. Menjaga performa mobil. Spare part mobil yang terawat dengan baik akan memberikan performa yang optimal dan mempertahankan kinerja mobil dalam kondisi yang baik.
  3. Menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Spare part mobil yang rusak dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang, sehingga service spare part mobil sangat penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara.
  4. Memperpanjang usia pakai mobil. Service spare part mobil secara berkala akan membuat mobil tetap berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan, sehingga dapat memperpanjang usia pakai mobil.

Baca Juga: Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Tips Memilih Spare Part Mobil

Tips Memilih Spare Part Mobil

Berikut ini beberapa tips memilih spare part mobil agar tidak salah beli:

  1. Cari informasi tentang merek dan kualitas spare part yang akan dibeli. Pastikan spare part yang dibeli memiliki kualitas yang baik agar tidak cepat rusak dan dapat bertahan dalam waktu yang lama.
  2. Pilih spare part yang sesuai dengan merek dan tipe mobil. Hal ini penting agar spare part yang dibeli cocok dengan mobil dan dapat bekerja dengan baik.
  3. Beli spare part dari toko atau dealer resmi. Ini akan menjamin keaslian spare part yang dibeli dan dapat diandalkan.
  4. Periksa kondisi fisik spare part sebelum membeli. Pastikan tidak ada kerusakan atau cacat pada spare part.
  5. Perhatikan juga garansi yang diberikan. Pilih spare part yang memiliki garansi yang cukup panjang sehingga jika terjadi masalah, dapat langsung ditangani.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli spare part mobil, kamu bisa datang langsung ke diler HSR Wheel terdekat di kota kamu. Selain menyediakan spare part mobil, HSR Wheel juga menyediakan berbagai jenis velg dan ban mobil yang akan membuat mobil kamu tampil semakin ganteng. Yuk, buruan ganti velg mobilmu dengan velg HSR dan ambil berbagai promo menarik menguntungkan!

Chat Disini

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan