Berkendara Saat Hujan ini Tips nya

Berkendara saat hujan memiliki banyak resiko. Resiko tersebut disebabkan akibat jalanan yang menjadi lebih licin dan juga lubang pada jalan yang tertutup oleh genangan air. Selain itu, berkendara dala keadaan hujan juga memiliki potensi terjadinya aquaplaning yang bisa membahayakan pengendara. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan apa saja yang harus di perhatikan ketika berkendara waktu hujan.

Kesiapan Kendaraan

Berkendara Saat Hujan

Kesiapan kendaraan sangat menentukan untuk keselamatan pengendara ketika berkendara saat hujan. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk memastikan kendaran siap digunakan saat hujan?

Memeriksa kondisi ban: Ban merupakan komponen yang sangat vital, karena bersentuhan langsung dengan jalan. Dengan kondisi jalan ketika hujan menjadi lebih licin, peran ban menjadi lebih berat. Jadi dibutuhkan ban dengan performa yang prima.

Memeriksa kondisi lampu mobil: Pastikan semua lampu mobil Anda berfungsi dengan baik. Mulai dari lampu depan, lampu belakang dan lampu rem serta lampu sen (bagian depan dan belakang).

Memeriksa kondisi kontrol utama kendaraan: Bagian ini terdiri dari kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling. Pastikan bagian ini berfungsi dengan baik.

Setelah memastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang layak untuk di kendarai saat musim hujan, yang perlu Anda ketahui berikutnya adalah bagaimana aturan atau cara mengemudi yang harus Anda lakukan dalam keadaan hujan.

• Berkendara dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi
• Menyalakan lampu mobil (Jangan menggunakan lampu Hazard)
• Selalu menjaga jarak aman berkendara
• Selalu berhati-hati ketika melaju digenangan air

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, semoga bisa mengantisipasi terjadinya resiko ketika berkendara saat hujan. Namun, tetap disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan saat hujan semakin deras yang bisa menyebabkan jarak pandang terganggu.

Ingat!!!…Kecelakaan saat berkendara tidak hanya terjadi karena kelalaian saat berkendara, tetapi juga karena kondisi kendaraan yang tidak dalam kondisi prima. Sangat disarankan untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan secara berkala untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan