Jakarta E-Prix 2022 Akan Dilaksanakan Meski Sempat Batal

Jakarta E-Prix 2022

Jakarta E-Prix 2022 sempat dibatalkan karena tidak menemukan tender yang tepat untuk menjalankan sirkuit Jakarta E-Prix tahun 2022. Namun, setelah diproses tender ulang dengan menggunakan tender yang sama dan dilakukan selama 7 hari berturut-turut disertai sistem pengawasan yang ketat dan transparan. Akhirnya, PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) menetapkan PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk sebagai pemenang tender untuk acara sirkuit Jakarta E-Prix tahun 2020.

Penetapan PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk dipilih sebagai pemenang tender dengan alasan memenuhi standar kualitas terbaik dan ketepatan waktu dalam melaksanakan pembangunan sirkuit Jakarta E-Prix tahun 2022. Contohnya, seperti kemampuan PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk dalam membangun infrastruktur jalan, kemampuan dalam manajemen proyek, dan akuntabilitas dalam bekerja.

Selain itu, menurut Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix, Gunung Kartiko bahwa PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama telah memiliki banyak tenaga ahli yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi dan telah memiliki banyak peralatan yang sangat mumpuni.

Tempat Untuk Jakarta E-Prix 2022

Untuk pelaksanaan acara sirkuit Formula E akan dilaksanakan di Ancol dengan total tender sebesar 50 miliar dan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2022 sebagai putaran kesembilan ajang Formula E.  Pemilihan Ancol sebagai tempat penyelenggaraan sirkuit ini karena kawasan Ancol sebagai simbol yang ikonik, khas Jakarta dan telah sesuai dengan standar FEO (Formula E Operations) serta FIA. Selain itu, jika dilaksanakan di Monas, Gelora Bung Karno (Senayan), dan Jalan Jend. Sudirman maka akan menutup jalan dalam beberapa hari dan itu akan mengganggu aktivitas jalan, dampaknya tentu menganggu aktivitas perekonomian nantinya.

Pemilihan Ancol sebagai tempat sirkuit Formula E juga tidak lepas dari saran Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. Menurut beliau bahwa Ibu Kota belum memiliki sarana balapan. Dengan dipilihnya Ancol sebagai sarana balapan maka akan bisa menjadi jawaban.

Menurut Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix, Ahmad Sahroni mengatakan bahwa sirkuit untuk Formula E Jakarta akan segera dibangun dan ditargetkan selesai di bulan April 2022. Pembangunan untuk sirkuit Formula E Jakarta sesuai dengan standar FEO dan FIA mengenai trek jalan raya.

Nama trek yang digunakan untuk ajang balapan di tahun ini, yaitu Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Lebar trek untuk ajang balapan sebesar 12 meter dengan panjang lintasan sebesar  2.4 kilometer.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia Tanpa Ribet

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan