Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia Tanpa Ribet

Cara Bayar Pajak Kendaraan

Cara Bayar Pajak Kendaraan- Zaman dahulu untuk membayar pajak kendaraan mobil ataupun motor, kamu harus pergiĀ  ke Samsat. Namun, di era digital yang semakin canggih ini maka kamu tidak perlu lagi membayar pajak kendaraan ke Samsat. Kamu cukup memiliki telepon genggam saja, dan sudah bisa membayar pajak.

Melaksanakan pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi SIGNAL milik Korlantas Polri. Namun, bagi kamu yang hanya memiliki RAM HP 2 GB dan malas untuk mendownload aplikasi tersebut maka kamu bisa membayar pajak kendaraan lewat marketplace Tokopedia.

Aplikasi Tokopedia tidak hanya digunakan untuk berbelanja online saja, sudah banyak fitur-fitur yang memudahkan kamu untuk stay at home. Salah satunya, yaitu fitur membayar pajak kendaraan.

Membayar pajak kendaraan lewat Tokopedia tidak perlu memakan waktu yang lama, seperti halnya dengan membayar pajak secara offline. Namun, pembayaran pajak melalui E-Samsat di Tokopodia agak berbeda untuk setiap daerahnya. Tapi kamu tidak perlu cemas ya, meskipun pembayaran pajak berbeda untuk setiap daerah, itu hanya satu langkah saja yang berbeda. Langkah selanjutnya tetap sama.

Baca juga: Lampu Mobil Juga Ada Aturannya & Bahayanya

Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia

Untuk kamu yang ingin membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia maka kamu harus mengistall aplikasi Tokopedia terlebih dahulu sebelum kamu melakukan pembayaran

Berikut cara membayar pajak melalui Tokopedia:

  1. Unduh aplikasi Tokopedia di Appstore ataupun Playstore
  2. Login akun Tokopediamu
  3. Setelah kamu masuk ke akunmu, kamu klik Top-Up & Tagihan
  4. Pilih E-samsat
  5. Isi wilayah, nomor polisi, NIK, dan nomor mesin
  6. Selanjutnya klik cek tagihan
  7. Halaman akan menampilkan kode bayar, rincian jumlah tagihan, biaya admin, dan detail kendaraan.
  8. Cek kembali data kamu
  9. Setelah itu Pilih Pembayaran

Setelah pembayaran selesai, maka kamu akan menerima notifikasi SMS dari Samsat daerahmu. Isi smsnya adalah situs untuk mengunduh bukti pelunasan kewajiban pembayaran. Namun, jika kamu belum menerima notifikasi maka kamu bisa menunggu dalam waktu 2 hari dan jika masih tidak ada perubahan, kamu bisa mengulangi pembayarannya lagi. Biasanya kalau pembayaranmu gagal maka uang akan masuk ke akun Tokopediamu.

Namun, jika pembayaran kamu berhasil maka bisa langsung mencetak tanda bukti pembayaranmu dan melakukan validasi di kantor cabang Samsat yang terdekat dengan tempat tinggalmu.

Baca juga: Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan