Benarkah Overhaul Adalah Istilah Lain Dari Turun Mesin?

Pada dasarnya, overhaul adalah salah satu istilah otomotif yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, istilah ini bisa dikatakan sangat erat kaitannya dengan komponen mesin. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui lebih dalam mengenai apakah itu overhaul dan bagaimana tanda-tandanya. Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Overhaul Adalah Istilah Lain Turun Mesin

Sebenarnya, overhaul adalah suatu istilah yang sering disebut dengan turun mesin. Nah, kondisi ini dapat terjadi bila ada kerusakan di dalam mesin sehingga menuntut adanya perbaikan. Mulai dari melakukan pembongkaran mesin, perbaikan, penggantian hingga pemasangan kembali komponen mesin tersebut.

Nah tujuan dilakukannya overhaul sendiri, yakni untuk membersihkan bagian ruang bakar dari sisa-sisa karbon, mengatur ulang dudukan katup atau klep, melakukan pemeriksaan komponen di dalam mesin hingga pada akhirnya mengembalikan performa mesin seperti sebelum terjadinya kerusakan.

Dalam hal ini, overhaul mesin ada dua macam, yakni ada yang dilakukan secara total dan juga ada yang semi. Bila dilakukan secara total, maka pembongkarannya dilakukan pada seluruh bagian mesin. Mulai dari kepala silinder, bagian blok silinder hingga bagian carter. Sedangkan untuk semi overhaul dilakukan hanya pada sebagian komponen mesin saja.Overhaul Adalah Istilah Lain Turun Mesin

Apakah Tanda Turun Mesin Keluarnya Asap Putih?

Pada dasarnya, salah satu tanda overhaul adalah keluarnya asap putih pada bagian knalpot. Namun, ada beberapa tanda lain yang bisa kamu perhatikan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Asap Putih

Nah, keluarnya asap putih ini disebabkan karena oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Biasanya dalam kondisi tersebut, oli akan ikut berkurang secara signifikan. Hal ini bisa menjadi pertanda jika ada beberapa komponen mesin yang bermasalah. Adapun, penyebabnya bisa dipicu dari packing head, silinder head, bore silinder, ring piston, PC valve atau seal valve. Semua komponen ini terletak di dalam blok mesin sehingga untuk memperbaikinya maka perlu dilakukan turun mesin.

Overheating

Tanpa disadari, salah satu penyebab dari turun mesin karena mesin mengalami panas berlebih atau yang sering disebut dengan overheat. Kondisi ini dapat membuat silinder head menjadi melengkung sehingga menyebabkan oli bercampur dengan air. Nah untuk memperbaikinya, maka perlu dilakukan pembongkaran mesin.

Suara Mesin Terdengar Kasar

Pada mesin normal biasanya bersuara halus atau bahkan cenderung minim suara. Termasuk, jika mobil kamu berbahan bakar diesel. Meskipun suara mesin mobil ini cenderung kasar, akan tetapi terdapat perbedaan di mana suaranya makin lama terdengar kasar dan juga keras. Nah jika terjadi hal demikian, maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan