Apa Saja Perbedaan AWD, FWD, dan RWD?

Perbedaan AWD, FWD, dan RWD

Sistem penggerak roda mobil terdiri dari beberapa jenis penggerak, yaitu Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), Four Wheel Drive (4WD), dan All Wheel Drive (AWD). Sistem penggerak roda mobil tersebut dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan performa.

Selain itu, masing-masing sistem penggerak roda mobil memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan AWD, FWD, dan RWD. Simak artikel di bawah ini sampai habis teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: 4WD vs AWD, Apa Perbedaannya?

Perbedaan AWD, FWD, dan RWD

Agar lebih jelas mengenai keempat sistem penggerak roda mobil, berikut ini penjelasannya!

 All-Wheel Drive(AWD)

All Wheel Drive (AWD) merupakan salah satu bagian dari 4WD. Sistem penggerak roda mobil ini menggunakan keempat roda mobil untuk menempuh berbagai medan area. Sehingga sistem roda penggerak mobil ini lebih banyak membutuhkan konsumsi bahan bakar dibanding dengan sistem penggerak roda mobil yang lain.

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive merupakan sistem penggerak roda mobil yang menggunakan roda bagian depan untuk bergerak. Sistem penggerak roda depan ini telah dipadukan dengan mesin depan yang letaknya melintang. Mobil mesin depan dengan sistem penggerak FWD biasa disebut dengan kode FF atau Front Engine, Front Wheel Drive.

Dengan adanya perpaduan antara FWD dengan mesin depan membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien. Hal ini disebabkan karena minimnya tingkat gesekan yang terjadi karena komponen yang digunakan lebih sedikit. Selain itu, karena garis sumbu putaran roda sudah sejajar dengan garis sumbu putaran mesin, membuat mesin menjadi bekerja lebih efisien.

Kelemahan sistem penggerak roda depan (FWD) terletak pada kekuatan pada penggerak. Hal ini dikarenakan fungsi ganda yang harus ditanggung oleh roda depan, yakni sebagai roda penggerak sekaligus sebagai kemudi yang mengendalikan kendaraan.

Oleh karenanya, tak heran jika mobil yang menggunakan sistem penggerak ini sering terjadi gejala understeer. Sistem penggerak roda depan masih menjadi bagian dari 2WD. Contoh mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan, yaitu Honda Jazz, Suzuki Baleno, Mitsubishi Xpander, dan Nissan Livina.

Rear Wheel Drive (RWD)

Rear Wheel Drive (RWD) merupakan sistem penggerak yang masih menjadi bagian dari 2WD. Jenis penggerak roda mobil ini menggunakan roda belakang sebagai sistem penggeraknya. Pengaturan ini bersifat paten sehingga tidak dapat diubah menjadi empat roda atau roda depan. Contoh mobil yang menggunakan sistem penggerak roda belakang, yakni Toyota Avanza.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa sistem roda penggerak mobil dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), Four Wheel Drive (4WD), dan All Wheel Drive (AWD). Sistem penggerak roda mobil tersebut dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan performa. Keempat jenis penggerak roda mobil memiliki beberapa perbedaan baik dari segi konsumsi bahan bakar, performa mesin, dan lain sebagainya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan