4WD vs AWD, Apa Perbedaannya?

4WD vs AWD

4WD vs AWD – Mobil yang dijual di dunia sebenarnya memiliki empat jenis sistem penggerak roda. Keempat penggerak roda tersebut diantaranya adalah Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak dua roda depan mobil, Real Wheel Drive (RWD) atau penggerak dua roda belakang, Four Wheel Drive (4WD) atau penggerak empat roda mobil, dan yang terakhir adalah All Wheel Drive (AWD) atau penggerak semua roda.

Lalu, apa bedanya 4WD dan AWD? Karena memang mobil pada umumnya memiliki empat roda. Artinya, keduanya sama saja fungsinya. Sehingga tak heran apabila banyak yang mengira antara 4WD dan juga AWD tidak ada perbedaan.

Padahal, kedua sistem penggerak roda tersebut sebenarnya memiliki perbedaan. Yaitu berbeda cara kerja, karakteristik, dan juga penggunaannya di jenis mobil tertentu. Untuk mengetahui perbedaannya lebih lanjut, berikut ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Perbedaan 4WD vs AWD

Definisi

Untuk mobil dengan sistem penggerak roda AWD atau All Wheel Drive, maka semua roda dari mobil tersebut akan bergerak secara terus menerus dan tak bisa diubah. Berbeda dengan sistem penggerak 4WD yang bisa diatur secara manual ban mobil yang ingin digerakan. Entah hanya dua ban saja, atau empat sekaligus.

AWD Boros

Mobil dengan sistem penggerak WD atau All Wheel Drive cenderung lebih boros untuk konsumsi bahan bakarnya. Karena memang semua roda pada mobil pada sistem penggerak AWD akan bergerak di semua kondisi medan jalan. Mulai dari jalan yang baik, hingga jalan yang rusak. Hal tersebut menyebabkan konsumsi bahan bakar akan meningkat karena perputaran keempat roda terus berputar.

4WD Lebih Hemat

Kebalikan dengan AWD, sistem penggerak roda 4WD justru lebih hemat. Karena pada dasarnya sistem penggerak 4WD memiliki pilihan penggerak roda yaitu 4×2 atau 4×4, yang artinya mobil dapat memilih antara dua roda saja atau keempat roda yang digerakan.

4WD Untuk Mobil Offroad

Karena konfigurasi sistem penggerak rodanya bisa disesuaikan, maka sistem 4WD banyak digunakan oleh mobil-mobil tipe offroad. Karena perbedaan medan tersebut, maka pengemudi bisa menyesuaikan sesuai medan jalan ingin menggunakan 4×2 atau 4×4 untuk memaksimalkan traksi pada roda.

AWD Untuk Mobil Premium

Sistem penggerak roda AWD sendiri kebanyakan digunakan oleh mobil-mobil yang masuk kedalam mobil jenis premium. Sebut saja seperti mobil SUV, Sportcar, Supercar, hingga Hypercar. Hal tersebut dikarenakan pemilik mobil biasanya ingin memacu mobil dengan kecepatan tinggi ibandingkan menghemat bahan bakar. Contohnya seperti mobil Sportcar Lamborghini yang sistem penggerak rodanya sudah menggunakan AWD.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan