Fungsi Kondensor Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Fungsi Kondensor Mobil

Fungsi kondensor mobil sendiri sebanarnya cukup banyak dan beragam, hal tersebut tergantung komponen ini ditemparkan di sistem apa. Masing-masing sistem memiliki cara kerja kondensor tersendiri, komponen ini memang sangat dikenal penting dan wajib ada di dalam sebuah sistem mobil.

Untuk mengetahui fungsi kondensor pada sebuah sistem mobil, maka kamu perlu membaca artikel kali ini. Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut beberapa fungsi dari kondensor yang wajib kamu ketahui.

Fungsi Kondensor Mobil

Fungsi utama dari kondensor sendiri adalah untuk mencegah adanya percikan bunga api yang terjadi di platina. Lalu, bagaimana apabila percikan api tersebut mengenai platina? Tentu saja akan mendatangkan masalah baru, kontak point pada platina akan menjadi cepat aus dan membawa masalah tersendiri.

Selain fungsi utama tersebut, ada beberapa fungsi lainnya dari komponen satu ini untuk di beberapa sistem mobil. Simak beberapa fungsi kondensor yang jarang diketahui berikut ini.

1. Fungsi Kondensor Pengapian Mobil

Fungsi kondensor di dalam sistem pengapian adalah sebagai penyerap dari percikan bunga api yang muncul dan juga terjadi pada breaker point di platina. Dengan fungsinya ini, kondensor dapat meningkatkan tegangan yang ada pada koil sekunder. Selain itu juga kamu bisa menjaga kondisi platina agar tidak cepat aus.

2. Fungsi Kondensor Pada Sistem Refrigasi

Di dalam sistem refrigasi, kondensor ini memiliki fungsi menjadi alat pembuat kondensasi refrigerant gas dari kompresor dengan tekanan serta suhu yang tinggi. Refrigrant di dalam kondensor ini mampu menghasilkan kalor yang nantinya akan diserap melalui evaporator dan juga panas dari kompresor.

3. Fungsi Kondensor di Sistem Pendingin Mobil

Untuk sistem pendinginnya sendiri, kondensor ini memiliki fungsi untuk mengubah gas dengan tekanan tinggi yang ada di dalamnya menjadi cairan. Lalu cairan tersebut akan dialirkan kembali menuju komponen bernama Receiver Dryer serta dilanjutkan ke Expansion Valve. Untuk yang belum tahu, istilah kondensor pada sistem pendingin ini sering disebut juga dengan Heat Exchanger.

Dan itu dia fungsi kondensor mobil yang perlu kamu ketahui. Dari tiga fungsi kondensor yang berbeda ini, maka terlihat bahwa komponen kondensor cukup penting di dalam sebuah sistem mobil. Tanpa adanya kondensor ini, maka aka nada masalah yang dapat menghampiri beberapa sistem di dalam mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan