5 Hal yang Membuat Setir Mobil Oblak

Setir Mobil Oblak

Apabila kamu memiliki mobil, mungkin kamu pernah mengalami setir mobil oblak. Penyebab setir mobil oblak sendiri bisa karena beberapa penyebab. Setir mobil yang oblak ini tentu tidak hanya mengganggu kenyamanan, namun juga dapat membahayakan keselamatan berkendara.

Penyebab Setir Mobil Oblak

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa penyebabnya. Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut penyebab setir mobil goyang yang harus kamu ketahui.

1. Adanya Gangguan di Sistem Pengereman Mobil

Penyebab setir mobil oblak yang pertama adalah adanya gangguan pada sistem pengereman, gangguan ini juga adalah yang sering dialami oleh pengguna mobil. Sebut saja diantaranya seperti kanvas rem atau cakram rem yang sudah tipis dan membuat setir mudah oblak.

Selain itu, cakram rem yang sudah tidak rata juga membuat setir menjadi bergetar dan sulit untuk dikendalikan. Apabila hal ini terjadi, maka ada baiknya untuk mengganti komponen yang rusak pada sistem pengereman.

2. Komstir Rusak

Setir mobil yang oblak juga bisa disebabkan oleh komstir yang kendur atau bahkan sudah rusak. Apabila komstir ini suah rusak, maka imbasnya adalah ke setir mobil yang menjadi oblak pada saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan pengecekan dahulu ke bengkel mobil terdekat. Apabila kerusakan komstir ringan seperti kendur, maka bisa diperbaiki oleh pihak bengkel. Namun, apabila komstir sudah rusak parah, maka perlu dilakukan penggantian.

3. Dudukan Baut Setir Rusak

Selanjutnya kamu juga perlu mengecek pada dudukan baut setir. Karena apabila dudukan baut setir longgar, maka hal tersebut menyebabkan setir mobil goyang. Hal ini bisa diketahui dengan mudah, ketika mobil dalam kondisi diam dan setir tetap oblak, maka hal tersebut sudah pasti dikarenakan baut kendor.

Jika sudah diketahui penyebabnya, maka silakan kencangkan kembali baut dan tidak perlu periksa kendaraan ke bengkel.

4. Roda Mobil Tidak Stabil

Perlu kamu ketahui, roda mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab setir mobil goyang. Apabila roda mobil dalam kondisi tidak stabil, maka hal tersebut dapat membuat setir mobil menjadi goyang dan terasa bergetar.

Masalah ini bisa terjadi dikarenakan mobil sering melewati medan jalan yang rusak dalam waktu yang lama. Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah, ada baiknya hal ini segera ditangani dengan langsung datang ke bengkel mobil terdekar. Biasanya, mekanik bengkel akan menyarakan untuk melakukan spooring dan balancing untuk meluruskan kembali roda dan kaki-kaki mobil.

5. Velg Mobil Bengkok

Penyebab terakhir dari setir mobil goyang atau oblak adalah karena velg mobil yang bengkok. Velg mobil sendiri dapat mengalami kebengkokan dikarenakan buruknya saat mengemudi. Sebut saja medan jalan yang rusak namun mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi hingga menabrak lubang. Kebiasaan ini tentu saja membuat velg menjadi bengkok dan tidak rata.

Untuk solusi velg mobil bengkok sendiri adalah dengan menggantinya ke velg mobil berkualitas. Apabila kamu mencari velg mobil berkualitas dan kokoh untuk melewati banyak medan jalanan di Indonesia, maka HSR Wheel adalah jawabannya.

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang kualitasnya sudah dibuktikan oleh banyak orang di Indonesia. Apabila kamu ingin mendapatkan velg HSR, maka silakan datang langsung ke dealer resmi HSR Wheel.

Dapatkan banyak keuntungannya ketika membeli velg HSR langsung di dealer resminya. Untuk mengetahui alamat lengkapnya, kamu bisa mengunjungi langsung laman resmi HSR Wheel Store.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan