Coating Mobil: Pengertian, Manfaat, Kelebihan & Kekurangannya

Coating Mobil

Hampir setiap kendaraan apabila ingin terlihat seperti baru, melakukan coating dapat menjadi salah satu opsi. Namun coating itu apa sih? Istilah coating mungkin sudah tidak asing lagi bagi pecinta otomotif. Namun bagi kamu yang awam mengenai dunia otomotif, HSR Wheel akan memberi tahumu mengenai apa itu coating, manfaatnya, kelebihan dan kekurangan coating. Jadi simak sampai akhir artikel di bawah ini!

Baca Juga: 3 Jenis Kain Lap Mobil yang Aman & Tidak Merusak Bodi!

Pengertian Coating

Coating adalah proses melindungi warna cat bodi mobil dari paparan benda-benda luar yang biasanya merusak warna mobil, seperti debu, kotoran, jamur, sinar UV, dan lain sebagainya. Coating biasanya dilakukan pada mobil bekas ataupun mobil tua. Namun jika kamu ingin warna mobil barumu tetap awet, kamu juga bisa melakukannya. Harga coating sendiri berbeda-beda tergantung dari bengkelnya dan jenis bahan yang digunakan.

Teknik coating ada dua macam, yaitu nano coating dan ceramic coating. Nano coating adalah teknologi yang digunakan untuk melapisi bodi mobil sampai ke pori-pori mobil. Tujuannya agar perlindungan catnya lebih maksimal. Sedangkan ceramic coating berupa cairan silika yang bisa membuat bodi mobil tampak seperti lapisan akrilik tipis saat mengering.

Manfaat Coating

1. Agar Cat Mobil Tidak Gampang Pudar

Manfaat coating adalah untuk melindungi cat agar tidak gampang pudar. Cat bodi mobil gampang sekali pudar karena adanya paparan sinar UV dan kotoran-kotoran yang menempel pada bodi mobil. Pancaran dari sinar UV memang bisa membuat warna cat menjadi cepat pudar dan kusam. Oleh karenanya, apabila ingin warna cat bodi mobil tahan lama, sebaiknya parkir kendaraan di tempat yang sejuk. Agar terhindar secara langsung dari paparan sinar UV.

2. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Goresan

Manfaat coating yang kedua adalah bisa membuat permukaan mobil lebih tahan terhadap goresan. Biasanya goresan itu muncul karena adanya debu yang menempel pada permukaan mobil. Nah untuk menghilangkan goresan tersebut, maka coating bisa jadi solusinya.

Namun tergantung dengan bahan yang digunakan dan ketebalan lapisan coating yang diberikan kepada permukaan mobil. Semakin tebal dan keras lapisan coating yang diberikan maka daya tahannya akan semakin lebih kuat.

3. Warna Mobil Lebih Mengkilap

Coating bisa membuat bodi mobil terlihat lebih mengkilap daripada sebelumnya dan daya tahannya juga lebih lama daripada wax atau sealant. Apabila menggunakan coating, warna mobil akan mengkilap hingga 1 sampai 3 tahunan dan jika menggunakan wax atau sealant, hanya akan mengkilap 1 sampai 3 bulanan. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah harga coating lebih mahal daripada harga wax atau sealant.

4. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Jamur & Air.

Manfaat coating juga bisa membuat permukaan cat menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan jamur karena adanya water repellent effect. Nah, water repellent effect ini berfungsi untuk mencegah agar kotoran dan air hujan tidak menempel pada permukaan cat mobil.

Dengan adanya coating, air hujan yang jatuh di atas permukaan bodi mobil saat hujan, kemungkinan besar tidak akan menempel ke bodi mobil. Sehingga dapat meminimalisir munculnya bercak air di permukaan cat sekaligus dapat mencegah tumbuhnya jamur di atas bercak air tersebut.

Permukaan cat yang memiliki bercak air yang mengering, lambat laun akan menimbulkan jamur pada bodi mobil. Coating akan meminimalisir tumbuhnya jamur akibat bercak air yang mengering pada permukaan tersebut.

Kekurangan Coating

1. Harganya Mahal

Untuk melakukan coating, membutuhkan budget yang besar. Hal ini disebabkan karena bahan & proses coating yang terlalu kompleks menyebabkan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Harga coating tergantung pada jenis dan ukuran kendaraan.

2. Prosesnya Cukup Lama

Untuk melakukan coating membutuhkan waktu yang cukup lama bisa 1-2 hari. Apalagi jika terlalu banyak goresan maka akan lebih butuh banyak waktu lagi. Proses coating untuk mobil harian sekitar 2 hingga 3 hari. Sedang untuk mobil baru membutuhkan waktu selama 1 hari.

3. Bisa Menimbulkan Belang

Coating juga bisa membuat warna bodi mobil menjadi tidak merata. Hal dikarenakan terjadinya kesalahan saat proses berlangsung.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan