3 Jenis Kain Lap Mobil yang Aman & Tidak Merusak Bodi!

kain lap mobil

Kain lap mobil merupakan salah satu perangkat kebersihan mobil yang tak boleh luput dari pecinta otomotif. Pasalnya, kebersihan mobil merupakan hal yang utama yang harus dijaga. Selain dapat membuat nyaman, mobil yang bersih juga dapat membuat komponen kendaraan berumur lebih panjang.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa jenis kain mobil yang tidak berkualitas. Jika memilih sembarangan, resikonya akan menimbulkan goresan-goresan pada bodi mobil. Bukan hanya itu saja, bahkan bisa membuat warna mobil menjadi lebih kusam karena kain tidak bisa menyerap air dengan sempurna. Sebab, itu berikut rekomendasi jenis kain lap mobil yang aman dan tidak merusak bodi.

Kain Lap Mobil Chamois

Kain Lap Mobil

Kain lap mobil chamois ini umumnya disebut dengan kanebo. Kanebo merupakan salah satu kain yang aman digunakan untuk mobil. Kanebo sendiri memiliki kemampuan menyerap air secara cepat dan bertekstur lembut, sehingga tidak akan menimbulkan goresan.

Kanebo seringnya digunakan proses terakhir saat mencuci mobil. Kanebo ini digunakan untuk mengeringkan bodi dan kaca mobil yang basah sehabis dicuci karena kemampuannya menyerap air secara sempurna.

Saat ini ada berbagai macam merek kanebo yang dijual dipasaran, kualitasnya berbeda-beda. Ada yang bermutu rendah hingga berkualitas, harganya pun bervariasi. Soal umur pemakaian, tergantung dari kualitasnya juga. Ada yang berumur pendek dan juga awet.

Kain Lap Microfiber

Kain Lap Mobil

Kain microfiber menjadi salah satu kain lap favorite para pemilik mobil karena memiliki kemampuan membersihkan kotoran kecil secara cepat dan tidak menimbulkan goresan. Kain microfiber biasanya memiliki lapisan serat kain yang sangat tipis untuk mengoptimalkan kemampuannya mengangkat kotoran.

Selain mampu mengangkat kotoran, kain microfiber juga digunakan untuk mengeringkan. Kemampuan menyerap airnya tidak kalah bagus dengan kanebo. Sebab, ciri khas kain microfiber ini memiliki lubang micro dan celah benang yang membentuk kail.

Benang yang berbentuk kail inlah yang mampu membersihkan dan menyerap air pada mobil.  Jadi, kain microfiber bukan hanya berfungsi menyerp air saja seperti kanebo, melainkan cocok juga digunakan saat melakukan pencucian mobil. Akan tetapi, kemampuannya juga tergantung dari kualitas dan tekstur microfiber yang digunakan.

Ada banyak kain microfiber yang beredar di pasaran. Umumnya berbeda-beda dari segi ketebalan, tekstur, dan juga fungsi. Misalnya, kain microfiber bertekstur waffle cocok digunakan untuk tahap pengeringan. Tekstur microfiber high pile cocok untuk waxing, waterless wash, dan instrument panel. Sedangkan tekstur low pile cocok untuk all purpose cleaning, mesin, coating. Terakhir microfiber glass sangat cocok untuk kaca.

Kain Lap Wash Mitt

Kain Lap Mobil

Kain lap wash mitt ini merupakan perpaduan dari kanebo dan microfiber dengan bentuk yang cukup unik dan berbeda dari yang lainnya. Lap wash mitt memiliki kantung bertekstur busa yang lembut dibagian dalamnya, sekilas memang terlihat seperti anemon laut.  

Hasil perpaduan ini membuat wash mitt bisa digunakan untuk mencuci dan mengeringkan mobil. Soal hasil akhir, wash mitt tentu saja tidak akan membuat bodi mobil tergores dan mampu menjaga kaca mobil tetap dalam kondisi yang baik.

Sebenarnya memilih jenis kain lap mobil tergantung selera masing-masing, bisa juga sesuai kebutuhan. Hal yang paling penting adalah kain aman digunakan dan tidak akan merusak bodi mobil, sehingga mobil bisa tetap bersih dan kinclong secara bersamaan.  

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan