Perbedaan Velg Casting, Forged dan Flow Forming

Perbedaan Velg Casting, Forged dan Flow Forming

Perbedaan Velg Casting, Forged dan Flow Forming – Velg mobil adalah salah satu komponen yang cukup penting yang ada pada sebuah mobil, kehadirannya dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga keamanan penumpang di dalamnya. Selain itu, pelek mobil juga turut andil dalam penampilan mobil kesayangan. Pemilihan velg yang tepat akan membuat mobil menjadi tampil lebih ganteng, begitu juga sebaliknya apabila tidak tepat memilih velg maka justru akan mengurangi keindahan mobil kesayangan.

Untuk saat ini sudah tersedia berbagai jenis dan juga model velg yang bisa kamu pilih sesuai dengan ukuran, kualitas, dan harga yang tentunya berbeda-beda. Perbedaan kualitas dan juga harga tersebut tergantung dari material yang digunakan ataupun proses pembuatannya.

Perbedaan Velg Casting, Forged dan Flow Forming

Berdasarkan cara pembuatannya, velg mobil sendiri memiliki beberapa jenis, yang paling dikenal oleh banyak orang adalah velg casting dan juga velg forged. Untuk mengetahui perbedaan dari ketiganya, berikut bisa kamu simak di bawah ini :

Velg Mobil Casting

Velg Casting
Velg Casting

Sesuai dengan namanya, velg mobil casting adalah sebuah pelek yang dibuat dengan cara dicetak melalui cetakan yang sudah tersedia. Proses pembuatannya sendiri dibagi menjadi dua, yaitu gravity casting dan juga low pressure casting. Pembuatannya sendiri dengan cara melelehkan material velg menjadi sebuah cairan panas, lalu dituangkan ke dalam cetakan yang sudah dibentuk sesuai bentuk peleknya.

Metode casting adalah proses pembuatan velg yang biasa dilakukan oleh banyak produsen. Keuntungan velg casting sendiri adalah biaya produksinya yang lebih murah dan juga proses produksinya lebih cepat. Metode ini bisa dilakukan sekaligus untuk mencetak banyak velg, yang terpenting adalah menyiapkan banyak cetakan.

Velg Mobil Forged

Velg Forged
Velg Forged

Velg mobil forged ini dibuat dengan cara dan juga teknologi yang paling rumit. Proses produksinya sendiri tidak seperti casting yang dicetak pada sebuah cetakan. Untuk velg forged, materialnya sendiri berbentuk padat dan bisa berbagai macam material. Namun salah satu bahan yang paling umum digunakan adalah alumunium, karena memang kuat dan juga ringan sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan velg mobil.

Proses pembuatannya sendiri dengan memasukkan alumunium padat ke dalam mesin dan juga dipanaskan lalu dibentuk menjadi sebuah velg. Dalam prosesnya tersebut velg juga ditekan (press) sehingga dapat menghasilkan velg yang sangat keras dan juga solid untuk digunakan.

Velg Mobil Flow Forming

Velg Flow Forming
Velg Flow Forming

Velg flow forming adalah salah satu pengembangan proses pembuatan dari jenis casting/cetak. Velg flow forming sendiri diproduksi melewati beberapa tahapan. Dimulai dengan proses cetak, lalu ditekan dengan roller, kemudian ditarik dengan sebuah mesin, hingga akhirnya terbentuk menjadi sebuah velg. Mudahnya adalah proses ini seperti pembuatan sebuah guci.

Velg casting yang baru setengah jadi akan dibentuk bagian pinggirannya, dengan cara ini kepadatan material juga akan didapat lebih baik. Keuntungan velg yang dibuat dengan cara ini adalah akan membuat velg menjadi lebih kuat, ringan, dan juga bulat yang akan membuat roda seimbang dengan sempurna.

Pilihan untuk velg jenis ini sudah cukup banyak di pasaran otomotif Indonesia, sebut saja seperti HSR Tobelo, HSR Botain, HSR Tual, HSR Akegula, dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa mendapatkan 3 jenis velg di atas yang berkualitas dan juga terjamin, kamu bisa mengetahui lebih jelasnya dengan mengunjungi dealer HSR Wheel terdekat yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui alamat lengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi HSR Wheel Store.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan