Begini Cara Kerja Ac Mobil yang Jarang Diketahui

Cara Kerja AC Mobil

Kenyamanan pada mobil memang menjadi suatu hal kewajiban, selain membuat cara kerja supir menjadi fokus saat menyetir, penumpang yang duduk juga akan merasa tenang dan rileks saat kenyamanan didapat. Salah satu komponen wajib yang membantu rasa nyaman pada mobil adalah AC (Air Conditioner).

Namun kebanyakan orang tak mengetahui bagaimana cara kerja AC mobil. Yang diketahui banyak orang adalah ketika AC menyala dan mendinginkan kabin maka semuanya baik-baik saja. Apakah kamu termasuk dari sekian banyak pemilik mobil yang berpikir seperti itu?

Perlu kamu ketahui, tidak semua masalah yang ada pada AC mobil disebabkan oleh kerusakan didalamnya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara kerja ac mobil agar kamu bisa mendeteksi jika ada kerusakan yang timbul secara tiba-tiba.

Secara garis besar, penting untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat di dalam AC mobil. Yaitu terdiri dari kompresor, katup ekspansi, evaporator, filter/dryer, dan kondensor.

1. Kompresor

Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan freon ke AC mobil. Kompresor ini digerakkan oleh magnet yang ada di mesin mobil agar bisa dijalankan ataupun dimatikan.

2. Kondensor

Komponen kondensor berfungsi mengubah gas freon menjadi bentuk cair. Hal tersebut terjadi karena pelepasan udara panas ke udara luar melalui sisi kondensor.

3. Filter/dryer

Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyaring kotoran di dalam sistem Ac mobil.

4. Katup Ekspansi

Komponen ini berfungsi mengubah freon cair bertekanan tinggi ke tekanan rendah dan dalam bentuk kabut.

5. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk menyerap udara panas yang ada di luar yang kemudian dialirkan ke dalam mobil. Udara panas ini masuk melalui sisi evaporator yang dingin, lalu dikeluarkan kembali ke ruangan. Hal ini lah yang membuat udara dingin dari AC bisa terasa.

Cara Kerja AC Mobil Hingga Menghasilkan Udara Dingin

Setelah mengetahui komponen-komponen AC mobil yang dijelaskan diatas, kali ini kamu akan mengetahui cara kerja AC mobil sehingga bisa menghasilkan udara dingin.

Komponen kompresor digerakkan oleh mesin mobil untuk memompa dan menyalurkan freon yang berbentuk gas ke dalam sistem AC mobil. Freon akan dialirkan ke kondensor untuk didinginkan dengan melepas panas ke udara melalui sirip kondensor. Diproses ini, freon yang didinginkan berubah bentuk dari gas menjadi cair.

Selanjutnya, freon yang sudah menjadi cair dialirkan ke komponen filter/dryer untuk disaring dari kotoran yang ikut terbawa. Hasil penyaringan ini dialirkan ke katup ekspansi untuk diturunkan tekanannya. Dengan penurunan tekanan ini, maka temperatur juga ikut menurun.

Setelah temperatur menurun maka freon ini dialirkan ke evaporator hingga evaporator menjadi bersuhu dingin. Udara panas yang ada di mobil kemudian diserap masuk melalui evaporator. Maka udara yang diserap tadi ketika dikeluarkan kembali akan berubah menjadi dingin dan membuat sekeliling menjadi sejuk.

Dan itu dia penjelasan sederhana tentang cara kerja AC mobil. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan