Cek Mobil Sebelum Digunakan Kembali Setelah PSBB

Cek Mobil Sebelum Digunakan

Cek Mobil Sebelum Digunakan – Dua pekan sudah sejak PSBB DKI Jakarta diberlakukan, sejak 14 September kemarin pemerintah DKI Jakarta berlakukan kembali Pembatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut dilakukan karena untuk menekan peningkatan penularan dari virus corona yang setiap harinya semakin naik. Dan selama dua pekan ini juga,  beberapa kantor mempekerjakan karyawannya melalui rumah atau biasa disebut dengan Work From Home.

Dan mungkin selama dua pekan itu juga banyak pemilik mobil yang memarkirkan mobil nya di rumah dalam waktu yang lama. Dan ketika PSBB ini berakhir mungkin akan menggunakan mobil kembali untuk pergi ke kantor. Namun, sebelum kamu langsung menggunakan mobil kamu kembali setelah lama di parkir. Sebaiknya lakukan pengecekan terhadap komponen mobil yang mungkin imbas dari didiamkan dalam waktu yang lama ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan.

Cek Mobil Sebelum Digunakan

Untuk itu, berikut ini tips bagaimana mengecek mobil setelah PSBB selesai yang bisa kamu simak ulasannya di bawah ini :

1. Cek Pelumas Mobil dan Cairan Lain

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengecek mobil ketika sudah lama tidak digunakan adalah kondisi pelumas dan cairan lain yang ada pada mobil kamu. Pastikan takarannya masih dalam batas yang dianjurkan, jika cairan mengalami pengurangan dari batas standar, maka kamu hanya perlu tambahkan cairan tersebut hingga kembali melewati batas standar. Beberapa cairan yang perlu kamu cek diantaranya adalah pelumas mesin, tabung cadangan air radiator, air wiper, dan juga minyak rem.

2. Cek Kabel-Kabel Kelistrikan

Mobil ketika jarang digunakan dan terparkir di rumah biasanya bisa menjadi sarang binatang seperi tikus. Ketika tikus membangun sarang di dalam mobil, biasanya akan menggerogoti kabel-kabel pada mesin mobil kamu. Untuk itu, kamu perlu mengecek kabel yang ada di bagian battery atau aki agar tetap tersambung dengan baik. Karena bagian tersebut adalah sumber kelistrikan utama pada kendaraan yang kondisinya harus baik.

3. Cek Mobil Sebelum Digunakan : Tambahkan Air Aki

Untuk mobil yang masih menggunakan aki basah, sebaiknya kamu lakukan pengecekan kondisi air aki. Jika kurang dari batas standar yang sudah dianjurkan, maka tambahkan air aki secukupnya.

4. Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Ketika mobil didiamkan dalam waktu yang lama, maka ban mobil kemungkinan besar akan mengalami penurunan tekanan angina. Hal tersebut karena ban telah menopang bobot  mobil yang berat dalam waktu yang lama. Hal tersebut juga akan membuat ban mobil berubah bentuk hingga tak lagi menjadi bulat utuh dan mungkin akan mengganggu kenyamanan pengguna ketika berkendara.

5. Cek Kondisi Asap Knalpot

Asap knalpot bisa menjadi indikator bahwa ada yang tidak beres pada mesin mobil. Untuk itu, ketika mesin mobil dinyalakan, kamu harus mengecek asap knalpot yang keluar. Jika knalpot mengeluarkan asap putih yang pekat, maka itu artinya mesin mobil mengalami masalah yang cukup serius.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan