Standar Tekanan Freon AC Mobil Ideal & Cara Mengukurnya!

Standar Tekanan Freon AC Mobil Ideal

AC mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran dalam mendinginkan ruangan kabin mobil. AC mobil yang rusak akan membuat suhu kabin meningkat sehingga kenyamanan pengemudi menjadi terganggu. Salah satu komponen AC mobil yang terpenting dan paling umum adalah freon.

Freon merupakan komponen AC mobil yang berfungsi sebagai zat pendingin berbentuk gas cair khusus dan disirkulasikan di dalam saluran sistem AC mobil. Apabila suhu kabin terasa kurang dingin namun filter AC masih dalam kondisi baik-baik saja, bisa saja freon AC mobil kamu habis dan perlu diisi.

Nah, kamu mau tahu berapa tekanan freon AC mobil yang bagus? Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Magnetic Clutch AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja dan Penyebab Rusak!

Standar Tekanan Freon AC Mobil Ideal

Dalam mengisi tekanan freon AC mobil harus sesuai dengan ukuran idealnya, tidak boleh terlalu tinggi atau pun rendah. Karena tekanan freon AC yang terlalu rendah akan mengakibatkan bagian magnetic clutch mempunyai arus listrik yang cukup tinggi sehingga boros suplai listrik.

Sedangkan apabila tekanan yang diberikan terlalu tinggi, dapat mengakibatkan aliran arus listrik macet yang menuju ke magnet clutch. Kemudian berat beban mesin akan bertambah saat AC dihidupkan, suhu AC menjadi kurang dingin saat AC sudah menyala terlalu lama, dan kondensor AC mudah panas.

Sehingga dalam mengisi tekanan freon AC biasanya dilakukan oleh teknisi yang ahli dibidang tersebut. Pada umumnya teknisi atau tenaga ahli akan memakai alat yang bernama testing manifold (manifold gauge) untuk mengetahui tekanan freon.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui standar tekanan freon AC mobil yang ideal? Menurut beberapa sumber, standar tekanan freon AC mobil adalah sebagai berikut:

  • Tekanan rendah, membutuhkan tekanan 15 – 30 psi.
  • Tekanan tinggi, membutuhkan tekanan 160 – 250 psi.

Nah, setelah kamu mengetahui batas maksimal tekanan rendah dan tinggi freon AC mobil, kini saatnya kamu mengetahui cara mengukur tekanan freon AC mobil. Simak artikel di bawah ini sampai habis!

Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

Meskipun dalam mengisi tekanan freon AC mobil dapat dibantu oleh praktisi dibidang tersebut. Namun alangkah baiknya, kamu juga mengerti cara untuk mengukur freon AC mobil yang idela agar tidak salah. Sebab, apabila freon memiliki tekanan yang terlalu besar atau terlalu rendah. Hal ini akan berdampak buruk terhadap kinerja AC mobil. Berikut ini cara mengukurnya:

  • Pertama, tutup bagian kran manifold sesuai dengan arah jarum jam.
  • Kedua, pasang naple biru pada bagian service valve AC mobil yang mempunyai tekanan randah.
  • Ketiga, pasang bagian naple merah pada service valve AC mobil yang mempunyai tekanan tinggi.
  • Keempat, pastikan juga pemasangan naple sudah mengeluarkan bunyi klik. Hal ini untuk memastikan bahwa naple AC telah terpasang dengan sempurna. Pada saat memasang naple maka perlu sekali untukĀ  memahami jenis AC yang sedang kamu pasang, sebab posisi naple berbeda-beda tergantung jenis AC.
  • Kelima, putar secara berlawanan arah jarum jam pada bagian atas AC agar proses pemasangan naple lebih mudah. Selanjutnya tarik bagian kancing bawah AC agar naple dapat masuk dengan pas pada service valve.
  • Putar searah jarum jam kedua pengancing AC baik bertekanan rendah atau tinggi agar tekanan freon mudah Anda baca.
  • Hasil pengukuran tekanan menggunakan manifold gauge mirip dengan tekanan AC saat mesin mobil belum dinyalakan yaitu 70-90 psi.
  • Selanjutnya nyalakan mesin mobil dan segera lakukan pengetesan tekanan. Pada tekanan rendah maka tekanan berada di kisaran 20 hingga 30 psi. Sedangkan pada AC tekanan tinggi berada pada kisaran 170-250 psi.

Nah itu cara untuk mengukur tekanan freon AC mobil. Bila kamu ragu melakukannya sendiri, bisa bawa ke diler terdekat di kota kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan